TEBINGTINGGI - Polres Tebingtinggi memperingati HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-36 dengan upacara di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo, Tebing Tinggi, Jumat (30/12/201).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Pj Wali Kota Tebingginggi Zulkarnain dan turut dihadiri Kapolres AKBP Ciceu Cahyati D SH MH, Pabung Kodim 0204/DS Mayor Inf M Siahaan, Kepala BNNK, Kalapas Klas II B dan unsur FKPD serta ratusan Satpam.

Pj Wali Kota Zulkarnain menyampaikan bahwa peringatan ini dilaksanakan secara serentak di polres-polres dengan maksud untuk mengetahui potesi satuan pengamanan swakarsa di wilayahnya masing-masing, selaku mitra keseharian dalam mengemban fungsi kepolisian.

Menurutnya hal ini merupakan wujud nyata dari apa yang menjadi dasar hukumnya yaitu amanat dalam pasal 3(1) pasal 14 ayat 2, dan pasal 36 UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia, serta aturan pelaksanaannya yaitu peraturan pemerintah No 43 tahun 2012.

Kepada para Satpam, Zulkarnain juga berpesan untuk senantiasa memelihara dan memantapkan komitmen moral sebagai salah satu pengemban fungsi Kepolisian, yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota satpam dan bersikap dengan tegas dan cermat dalam menjaga keamanan serta menegakan ketertiban di lingkungan kerja.

"Selalulah waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap proses bisnis organisasi, tingkatkan komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan polri dan instasi terkait di lapangan serta berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik dan taktik baik kepolisian terbatas maupun industrial security" ujarnya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan peragaan dril tongkat T Polri dan dril borgol, kemudian pemotongan nasi tumpeng oleh Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati dan Pj Wali Kota kepada Satpam tertua yaitu Waris (Satpam PTPN III Rambutan) dan Satpam termuda atas nama Ryan Pratam (Satpam RS Pabatu) serta pemberian penghargaan.