PADANG LAWAS - Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) meminta masyarakat tidak bermain petasa atau mercon dan balap liar saat menyambut tahun baru 2017, maupun saat tahun baru 2017. Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Rony Samtana SIK MTCP mengungkapkan, permintaan tersebut dalam upaya menjaga kenyamanan bersama dalam menghadapi momen pergantian tahun.

"Perayaan apa pun yang dilakukan harus tetap dalam batas wajar dan tidak mengganggung orang lain, sehingga kenyamanan masyarakat akan terjaga. Dan perayaan tahun baru adalah mili kita semua. Silakan rayakan. Tapi, jangan mengganggu kenyamanan orang lain," ungkapnya kepada GoSumut, Jumat (29/12/2016).

Sebagai contoh, lanjut dia, bermain petasan akan mengganggu kenyamanan orang lain. Begitu juga sikap remaja yang sering ugal-ugalan naik sepeda motor.

Sementara untuk pengamanan, pihaknya akan melakukan atensi khusus, terlebih di daerah perbatasan. Di sedikan satu Pos Pam di Mananti Sosa. "Karena perbatasan, kan pasti banyak nanti hilir mudik kendaraan. Ya, kita akan berikan atensi khusus di daerah perbatasan," terangnya.

Seperti berita sebelumnya, pengamanan untuk Momen Natal yang sudah berlalu yang disatupaketkan dengan tahun baru sudah dipersiapkan 550 personel dalam operasi lilin. Bahkan, juga akan dibekap Brimob dan TNI.

Dijelaskan, target pengamanan ada dua. Yakni tempat-tempat ibadah dan tempat kumpul masyarakat. Misalkan, tempat hiburan.

Dikatakan, untuk Palas akan ada dua bentuk pengamanan, yakni statis dan mobile. Pengamanan statis dipusatkan di Pos Pam Mananti Sosa Jae yang yang merupakan pintu masuk dari Provinsi Riau dan pengamanan mobile dipusatkan di Barumun Tengah.