PADANGSIDEMPUAN - Mendekati awal tahun 2017, sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) banyak yang gelisah. Pasalnya, Kepala Daerah dalam hal ini Wali Kota akan melakukan Lelang Jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk setara eselon II pada bulan Januari mendatang.
“Kelihatannya memang begitu. Banyak yang gelisah karena pelaksanaan lelang jabatan sudah dekat. Kegelisahan pimpinan SKPD itu terlihat dari cara kerja dan rumor yang beredar di sekitaran lingkungan Pemko Padangsidimpuan,”  ujar Ketua PMPL-P Nasrul P Iskandar Siregar, yang dikutip Kamis (29/12/2016).

Selain itu, kata Nasrul, isu perombakan jajaran pejabat struktural setara eselon III dan IV juga membuat sebagian PNS merasa khawatir. “Ya, informasi yang beredar saat ini banyak PNS yang berjabatan belum tenang sebelum melewati proses mutasi,” sebutnya.

Walaupun begitu, sambung Nasrul, masyarakat berharap agar seluruh PNS yang saat ini memangku jabatan agar tetap melaksanakan tupoksinya, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, pelantikan atau mutasi jabatan itu merupakan hal yang biasa di lingkungan pemerintahan, sehingga masyarakat berharap agar kinerja tidak menurun akibat isu mutasi yang saat ini beredar di lingkungan Pemko Psp.

“Mutasi itu sangat banyak manfaatnya terutama dalam meningkatkan kinerja SKPD. Dengan begitu, kita berharap para ASN tetap semangat dalam melaksanakan kerja sesuai dengan tugasnya masing-masing,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Ikhsan Hasibuan, isu yang paling hangat di kalangan ASN adalah mutasi jabatan. Alasannya, menurut Ikhsan, sehubungan dengan adanya informasi atau pernyataan Walikota Psp yang akan melaksanakan lelang jabatan dalam waktu dekat.

“Kita pergi ke komplek perkantoran, ASN pemangku jabatan banyak yang merasa khawatir akan jabatannya, apakah masih dipertahankan atau diganti (mutasi, red). Begitu juga dengan jabatan eselon II yang akan melaksanakan lelang, para pimpinan SKPD juga terlihat sudah mempersiapkan dir,” katanya.

Beberapa waktu lalu, saat kegiatan pengukuhan, Walikota Psp memberitahukan agar pegawai ASN bersiap-siap menghadapi lelang yang akan digelar pada bulan Januari 2016 mendatang. “Mungkin dalam waktu dekat, Januari, kita akan melakukan tes lelang. Harapan saya, kepada seluruh SKPD, siapkan diri,” ungkap Wali Kota.