Jika anda berkunjung ke Asahan, tidak lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner khas daerah. Seperti di Kabupaten Asahan. Dimana Asahan terdapat kuliner asli yang namanya Anyang Pakis. Anyang Pakis bisa dimakan tanpa menggunakan nasi. Anyang Pakis ini mirip sekali dengan urap. Hanya saja Anyang Pakis menggunakan bumbu kelapa yang disangrai seperti serundeng. Memang bumbu dasarnya juga mirip bumbu urap, yaitu bawang merah, serai, daun jeruk, dan ketumbar. Semuanya dihaluskan lalu disangrai bersama kelapa.

Kartika, salah seorang pengelola rumah makan di kota Kisaran mengungkapkan, meski sudah berpuluh-puluh tahun, namun Anyang Pakis menjadi menu yang sangat mudah dijumpai. Tetapi, seiring jalannya waktu, Anyang Pakis kini tinggalah makanan musiman, dan hanya dijumpai pada saat bulan puasa saja.

Selain Anyang Pakis, kita dapat menelusuri wisata kuliner barbagai macam ragam masakan Sumatera Utara yang juga menrupakan kuliner khas Asahan. Anyang Pakis antara lain dapat kita temukan di pusat jajanan Ramadhan di jalan Rivai, Jalan Imam Bonjol [depan Masjid Raya Kisaran, dan Simpang Enam. 

Pontensi Anyang Pakis untuk dikembangkan sebagai salah satu kuliner khas Asahan sangatlah besar. Karena, Pakis sangat mudah diperoleh ditengah-tengah hamparan kebun karet atau kelapa sawit yang tersebar luas di Kabupaten Asahan. 

Kelapa sebagai bumbu pendukung utama Anyang Pakis juga sangat mudah diperoleh, karena Asahan termasuk salah satu sentra penghasil Kelapa di Sumut. “Namun sayangnya Pemerintahan Asahan belum terlalu peduli. Padahal jika dapat dikembangkan, ini merupakan lada ekonomi bagi masyarakat disana,” tutupnya.