TEBING TINGGI - Apel besar peringatan hari pramuka ke- 55 tingkat kwartir Daerah Sumatera Utara (Sumut) 2016 digelar di Lapangan Bola Kaki Ramlan Yatim, Jalan Gunung Lauser, Tebingtinggi, selasa (28/12/2016). Ketua Majelis Pembimbing Daerah Sumut (KA MABIDASU) yang juga Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi selaku pembina apel tersebut, berharap di hari jadi ke 55, semakin dapat membentuk karakter kaum muda sebagai pemimpin bangsa.

"Semoga kegiatan ini dapat memotivasi semangat dan mempercepat kemandirian gerakan pramuka untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang handal dan lebih baik lagi pada masa kedepan. Selain itu  saya mengucapkan selamat hari pramuka ke 55 bagi segenap jajaran dan keluarga besar gerakan pramuka seluruh Indonesia dan perwakilan di luar negeri," ujarnya.

Dia juga menyebutkan, pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita se Indonesia, karena pembangunan sumber daya manusia merupakan inti dari suksesnya pembangunan bangsa kita kedepannya nanti.

Sementara itu, Pj Wali Kota Tebing Tinggi Zulkarnain, mengatakan bahwa dipengunjung 2016, Kota Tebing Tinggi mencatat sejarah baru, dimana dalam satu hari tiga kegiatan besar tingkat Sumut dilaksanakan sekaligus di Kota Tebing Tinggi.

"Yang diawali dengan upacara apel besar gerakan pramuka Sumut tahun 2016. Selanjutnya pembukaan kejuaraan tenis meja antar pelajar se Sumut dan peringatan hari kesetiakawanan sosial nasional Tahun 2016 se Sumut" ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat dijadikan motivasi untuk gerakan pramuka di Kota Tebing Tinggi semakin maju dan berkembang di tahun mendatang, sebagai salah satu upaya pembinaan generasi muda di Kota ini.

Sebelumnya Ketua panitia kegiatan, Hasban Ritonga yang juga ketua Karateker Sumut melaporkan hari pramuka merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan gerakan pramuka dalam rangka menumbuh kembangkan kegiatan generasi muda khususnya anggota gerakan pramuka.

"Gerakan pramuka sebagai salah satu organisasi kepanduan yang memiliki prinsip dalam menuntun generasi muda untuk selau tabah dan terus menatap masa depan sebagai cita-cita mulia, membangun karakter serta membangun bangsa dengan berpegang teguh pada Dasa Darma dan Trisatya," ujar Hasban yang juga Sekda Pemprovsu itu.

Dalam Apel itu juga diwarnai dengan pemberian anugerah tanda penghargaan Lencana Melati dan Lencana Pancawarsa, terlihat juga hadir disitu Kajari Tebing Tinggi Rudi Manurung, Kapolres AKBP Ciceu Cahyati, unsur Mabida Sumut serta para ketua gerakan pramuka se Sumatera Utara Kwarda, Mabicab, Kwarcab dan Mabiran