PADANG LAWAS - Pada tahun 2016 ini, sebanyak 100 unit Sambungan Rumah (SR) dari UPT Sistem Pengelolahan Air Minum (SPAM) Dinas Pekerjaan Umum dan Pertambangan Eenergi (PUPE) Kabupaten Padang Lawas (Palas), dipasang kerumah masyarakat 100 KK secara gratis.

“Sudah terpasang sebanyak 100 SR secara gratis yang diberikan manfaatnya kepada masyarakat didalam mendapatkan distribusi air bersih untuk keperluan sehari-hari,”kata Kepala UPT SPAM PUPE Palas Jhoni Yamson Pulungan kepada GoSumut Sabtu (24/12/2016).

Dijelaskan, sebelum pemasangan SR, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mendapatkan SR secara gratis tahap perdana bagi masyarakat yang berminat untuk mendapatkan air bersih memalui saluran pipa distribusi air bersih dari pemerintah.

"Pemasangan saluran pipa secara gratis kepada masyarakat, telah dilakukan dalam tahap perdana ini, sebagai upaya pengenalan keberadaan SPAM yang telah ada didaerah Kabupaten Palas. Sehingga secara langsung pihaknya telah melakukan sosialisasi secara bertahap kepada masyarakat,”ungkapnya.

Dikatakan, untuk tahap pertama pemakaian air bersih ini, masyarakat belum dikutip bayaran distribusi iuran bulanan air bersih, karena belum keluar Peraturan Bupati (Perbup) Palas.

“Kita tunggu keluarnya Perbup Palas sehingga dapat diketahui secara pasti besaran iuran setiap bulannya yang harus  dibayar masyarakat penguna air bersih dari saluran SR,”terangnya.

Ditambahkan, untuk kelanjutan pemasangan saluran pipa air bersih secara gratis pemanfatannya kepada masyarakat, direncanakan tahun 2017 mendatang disediakan sebanyak 300 sasaran untuk SR secara gratis.

“Namun demikian, kalau tersediannya dana yang memungkinkan, dan dapat mencukupi untuk sambungan pipa distribusi ukuran 4 sampai 6 Inci , kerumah - rumah warga khusus dari kawasan Gunung Barani sampai perkantoran SKPD akan kita laksanakan penyambungannya,”sebut Jhoni menutup.