PADANG LAWAS - Pemkab Padang Lawas (Palas) mempersiapkan pengadaan lokasi  lahan untuk pembangunan perkantoran tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baru. Rencana pembangunan tiga perkantoran SKPD itu yang belum memiliki kantor, dan status kantornya  masih mengkontrak dan bergabung dengan SKPD lain.

Masing-masing SKPD yang dipersiapkan  lahan untuk rencana pembangunan kantor tersebut yakni Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja yang terletak di jalur dua Sisupak Latong Pasar Sibuhuan, serta Dinas Pendidikan yang berlokasi  dekat  Mesjid Agung.

Kepala Kantor Satpol PP Pemkab Palas Ronny Syaeful kepada Wartawan Sabtu (24/12/2016) mengatakan,  pengadaan lahan itu untuk pertama  kali anggarannya di tampung masing-masing SKPD terkait. Wacana untuk pengadaan lahan tersebut, jauh hari telah direncanakan. Namun baru tahun anggaran 2016 ini tertampung.

"Tentunya dengan alasan serta didukung oleh fakta kenyataan yang sebenarnya, bahwa kebutuhan perkantoran fasilitas SKPD sangat diperlukan untuk mendukung pelayanan masyarakat,”ungkapnya.

Sehingga katanya  perlu dipersiapakan lahan untuk pembagunan kantor. Apalagi saat ini kantor Satpol PP yang sudah tidak  layak dan lokasinya sangat sempit dengan status masih mengkontrak.

“Tentu harus disegerakan dibangun fasilitas perkantoran yang layak untuk memenuhi kebutuhan pelayanan. Bersyukur kita lahannya dapat ditampung tahun ini. Makanya ini harus kita kejar supaya claer tahun ini," jelas Ronny.

Diakui Rony yang juga mantan Sekcam Lubuk Barumun ini, bahwa proses pengadaan lahan ini cukup membutuhkan waktu lama. Terhitung sejak awal tahun lalu dimulai dari perencanaan.

Kemudian September lalu pengukuran dan pembahasan serta penetapan lokasi pun telah dilakukan. Terakhir, lahan yang telah dianggarkan untuk tiga SKPD itu, langsung  dilakukan pengukuran bersama oleh pihak BPN. "Tinggal menunggu tim Appraisal turun dalam waktu dekat ini " kata Ronny.

Disebutkan Kakan Satpol PP Palas ini, ketersediaan lahan yang sudah memenuhi kesepakatan antara Pemkab Palas dengan Hj Rosmawati Nasution selaku pemilik lahan dipastikan rampung minggu ini.

Sedang luas lahan masing-masing untuk Dinas Perhubungan 1,5  Hektar,  serta untuk Satpol PP, 0.5 Hektar (Ha) dan Dinas Pendidikan juga tersedia lahan 0.5 Hektar.