SIMALUNGUN - Bupati Simalungun JR Saragih membagikan 15.000 paket Natal bagi masyarakat pada Perayaan Natal Bersama Pemkab Simalungun dan Masyarakat di Halaman Kantor Bupati Pematang Raya, Rabu (21/12/2016). Pembagian paket Natal tersebut, menurut JR Saragih, jika dilihat dari nilainya sangatlah kecil. "Jika dilihat dari nilainya, paket Natal yang diberikan sangat kecil. Namun saya berharap bukan dari nilainya dihargai, namun kepedulian Pemkab Simalungun berbagi kasih dengan masyarakat saat merayakan hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus," ujarnya.

Secara khusus, JR Saragih berharap Natal membawa sukacita dan damai di Kabupaten Simalungun. Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk peduli sesama dan tetap menjaga harmonisasi serta kerukunan hidup antaretnis dan agama, sehingga pelaksanaan pembangunan daerah dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Pada perayaan Natal yang dihadiri ribuan warga dari 31 kecamatan itu, JR Saragih juga memberikan bantuan kaki palsu dan alat kesehatan lainnya seperti alat bantu dengar dan tongkat bagi penderita stroke.

Pendeta Sapto Raharjo dalam siraman rohaninya mengajak umat Kristiani untuk menjadikan Natal sebagai media introspeksi diri dan selalu bersyukur atas kasih Tuhan.

"Natal bukan fokus pada perayaannya, namun lebih menjadi sarana introspeksi diri untuk selalu bersyukur atas kasih Tuhan dalam kondisi apa pun dan peduli berbagai kasih dengan sesama," kata Pendeta Sapto.

Sementara itu, Danrem 002 Pantai Timur Kolonel Inf Gabriel Lema yang mewakili Forum Komunikasi Pimpinan Daerah menyatakan, perayaan Natal tahun ini dapat dijadikan momen untuk saling memaafkan dan meningkatkan nilai-nilai toleransi umat beragama, khususnya di wilayah Simalungun.

Ketua Panitia Pelaksana Perayaan Natal Jan Posman Purba menambahkan, 1.000 paket natal diberikan kepada anak-anak penghuni panti asuhan.

Perayaan Natal Pemkab Simalungun dan masyarakat dimeriahkan sejumlah artis seperti Novita Dewi Marpaung dan penampilan koor dari perwakilan kecamatan-kecamatan.