MEDAN - Sudah hampir lima hari harga cabai merah mengalami penurunan di beberapa pasar tradisonal Kota Medan.

Seperti pantauan Analisadaily.com di Pasar Petisah, harga cabai merah mengalami penurunan dari Rp 80.000-85.000/kg menjadi Rp 50.000/kg.

"Cabai merah sudah lima hari ini turun. Sebelumnya harga cabai mencapai Rp 80-85 ribu per kilo, lalu turun menjadi Rp 60-50 ribu per kilo. Tiga hari kemudian turun lagi Rp 50-35 ribu per kilo, sekarang agak naik jadi Rp 50 ribu per kilo," kata seorang pedagang cabai merah di Pasar Petisah Medan, Nur, Rabu (21/12).

Ditanyai penyebab turunnya harga cabai merah tersebut, Nur menjelaskan, para petani di gunung sedang panen sehingga stok cabai merah menjadi berlimpah dan harga penjualannya menurun.

"Petani cabai di gunung sudah panen dan stok-nya pun banyak, maka harganya turun. Karena harga murah, petani di gunung sebagian ada yang menolak cabainya ke Padang karena disana harga cabai merah masih tinggi," jelasnya.

Sementara untuk harga komoditas pangan lainnya seperti cabai hijau, bawang merah, bawang putih dan tomat, harga masih relatif stabil.

"Cabai hijau kemarin Rp 40 ribu, sekarang harganya normal di kisaran Rp 32 ribu per kilo. Bawang merah Rp 22 ribu per kilo, bawang putih Rp 30-33 ribu per kilo dan tomat Rp 6-10 ribu per perkilo," tutur Nur.

"Cabai rawit naik Rp 20 ribu dari harga sebelumnya Rp 50 ribu sekarang jadi Rp 70 ribu per kilo. Itu sudah tiga hari naiknya" pungkas Nur.