TEBINGTINGGI - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2017, Harga bahan pokok yang dijual disejumlah Pasar Tradisional Kota Tebingtinggi, masih relatif normal. Bahkan sejumlah banyak harga bahan pokok mengalami penutunan dibanding bulan Lalu.

"Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, hingga saat ini harga berbagai kebutuhan pokok belum mengalami kenaikan,”  ungkap Juli, seorang Pedagang di Pasar Impres Kota Tebingtinggi, Senin (19/12/2016).

Menurut dia, pada umumnya harga berbagai kebutuhan pokok masih Relatif stabil. Namun harga cabai rawit yang sebelumnya sempat mencapai Rp85 ribu per kg, kini mengalami penurunan menjadi Rp62 ribu per kg. 

Juli juga mengungkapkan, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ada kenaikan harga barang pokok, namun tidak terlalu mencolok bahkan relatif normal pada perayaan Natal dan Tahun Baru. "Berbeda dengan menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri, biasanya ada kenaikan sedikit pada harga kebutuhan pokok tertentu," tambahnya.

Dari data yang dihimpun GoSumutdari Pedagang, sejumlah harga bahan pokok yang dijual di Pasar masih relarif normal adalah cabai merah yang dijual Rp56 ribu per kg, cabai hijau Rp36 ribu per kg, bawang merah Rp28 ribu per kg, bawang putih Rp36 ribu per kg, beras C4 Rp10.100 ribu per kg, telur ayam dijual mulai dari Rp1.100 hingga Rp1.400 per butir, minyak goreng Rp11 ribu per kg, tomat Rp8 ribu per kg.

Kemudian harga ayam kampung Rp50-55 ribu per kg, ayam Ras Rp25-26 ribu per kg, Kentang Rp8 ribu per kg, wortel Rp7 ribu per kg, gula pasir Rp10 ribu per kg, kemudian untuk gas elpiji ukuran 12 Kg dijual dipasaran seharga Rp150 ribu per tabung, elpiji ukuran 3 Kg dijual seharga Rp17 ribu per tabung.

"Sedangkan untuk harga saturan lainya seperti sawi manis Rp6 ribu per ikat, daun selada Rp16, daun bayam Rp2 ribu per ikat, daun singkong Rp2 ribu per.

Sementara itu seorang Pembeli yang ditemui di Pasar Gambir Jalan Iskandar Muda, juga mengakui bahwa sampai saat ini harga kebutuhan bahan pokok masih relatif normal sekalipun mendekati Natal dan GTahun Baru.

“Pengalaman saya bertahun tahun, memang kalau mendekati Natal dan Tahun Baru, harga bahan pokok tidak begitu banyak naik dan kita memang mengharapkan seperti itulah” ungkap Betty yang mengaku punya usaha Kantin tersebut.