PADANG LAWAS-Sejak dilantiknya kepengurusan saka di Kabupaten Padang Lawas (Palas), tercatat Saka Kalpataru sudah ke empat kali melasakanakan perekrutan anggota, kata Wabup Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu C Ht kepada GoSumut Sabtu (17/12/2016).

Dikatakan, Pemkab Palas memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran pengurusan Saka Kalpataru Palas yang telah bekerja keras demi terselenggaranya  pembinaan kepramukaan di Kabupaten Palas.

“Untuk itu, Dia berharap kedepannya pengurus Saka Kalpataru Palas mampu membuat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi pembangunan generasi muda dan juga pembangunan Kabupaten Palas, demi mewujudkan kesadaran akan lingkungan hidup yang sehat berawal dari kesadaran dan kepedulian kita semua,”ungkapnya.

Dijelaskan, memberi pendidikan lingkungan hidup sejak dini sangatlah strategis, misalnya dengan pembentukan kader pramuka patriot lingkungan. Untuk mencapai hal tersebut, sudah sejalanlah dengan upaya pembekalan kepada adik-adik pramuka dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang lingkungan yang merupakan bagian penting dari pembangunan nasional.

Dia juga menyatakan menanamkan nilai-nilai sikap dan prilaku cinta lingkungan melalui kegiatan kepramukaan yang dimulai sejak usia dini akan membantu percepatan proses kesadaran, kemampuan, kemauan masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Badan Lingkungan Hidup Daerah juga harus mengerti pramuka, dan pramuka juga harus mengerti lingkungan hidup. Tujnjukka bahwa pramuka Saka Kalpataru adalah patriot lingkungan, pramuka itu harus nyaman, hemat energy, hemat air dan hemat listrik,”jelasnya.

Lebih dari itu, Dia juga menjelaskan mencintai alam menjadi hal yang sangat penting di gerakan pramuka karena menjadi dasar filosofi serta prinsip dalam melakukan kegiatan, seperti yang tertuang dalam satya dan dasa darma pramuka.

“Pramuka identik dengan alam terbuka dan dialamlah gerakan pramuka melakukan aktivitasnya. Oleh karena itu, gerakan pramuka berkewajiban melindungi dan melestarikan lingkungan hidup,”sebutnya menutup pembicaraan.