PARAPAT-Panitia Natal Nasional tahun 2016 mengadakan kegiatan sarasehan nasional dengan tema merawat kebhinekaan dalam bingkai NKRI sebagai kekuatan bangsa, di Hotel Inna Parapat, Jumat (16/12/2016).

Sarasehan nasional tersebut dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, yang diwakili oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Sumut DR Ir Binsar Situmorang.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan, untuk menciptakan masyarakat tenteram, tertib, dan teratur perlu dilakukan musyarawarah dan dialog untuk menyelesaikan berbagai masalah bangsa.

"Peran tokoh agama berperan aktif dalam membina kekuatan bangsa dalam bingkai NKRI. Di berbagai daerah muncul kelompok-kelompok yang mencoba mengganggu semangat Bhinneka Tunggal Ika dan memecah belah bangsa. Melalui kegiatan sarasehan ini sangat penting dalam menciptakan rumusan yang positif sebagai penangkalnya," kata Erry.

Terkait dengan berbagai perbedaan yang ada, lanjut Erry, harus dianggap sebagai rahmat yang wajib disyukuri.

"Sudah saatnya masyarakat ditempatkan kembali dalam bingkai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menjunjung tinggi toleransi beragama, sehingga tidak perlu ada pertentangan antar berbagai komponen bangsa," ujar Gubernur.

Dalam sarasehan nasional yang dimoderatori oleh Ketua PW Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, H Afifuddin Lubis tersebut, menghadirkan narasumber antara lain DR SAE Nababan (Mantan Ketua Dewan Sedunia dan Ephorus Emeritus HKBP), DR MH Siburian (Ketua Gereja Pantekosta Indonesia), Captain Anton Sihombing (anggota DPR RI), dan tokoh nasional Prof Mahfud MD.

Dalam paparannya, Prof Mahfud MD menyampaikan pentingnya penegakan hukum demi prinsip keadilan bagi semua golongan.

"Demokrasi adalah pilihan kita bersama, sehingga kita harus sportif dalam menegakkan demokrasi. Jangan karena perbedaan, lantas membuat elemen bangsa menjadi terpecah belah. Karena itu, penegakan hukum sangat penting dalam menciptakan stabilitas dalam isu kebhinnekaan," tandas Mahfud.

Lebih lanjut, Ketua Panitia Pelaksana Sarasehan Nasional, DR JH Manurung MD mengatakan, sarasehan nasional ini digelar dalam rangkaian perayaan natal bersama tingkat nasional yang akan digelar pada 26 Desember 2016 di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan.

"Selain menggelar kegiatan sarasehan nasional ini, juga akan dilaksanakan aksi sosial pada 19 Desember 2016 mendatang di lokasi Pondok Pesantren Bintang Sembilan di Sibolga, dan Pondok Pesantren Al Ansor di Padangsidempuan," pungkasnya.