MEDAN - Sebagai televisi milik pemerintah, TVRI Sumut diharapkan dapat menjadi garda terdepan sebagai lembaga penyiaran yang mengangkat konten-konten lokal yang bermutu, mendidik, menghibur dan penyampaikan infromasi yang layak kepada khalayak ramai. TVRI Sumut harus bisa sejajar dan bahkan lebih dari pada televisi swasta yang saat ini telah menjangkau seluruh daerah di Sumut. "Diusianya yang ke 46 Tahun pada 28 Desember nanti, saya berharap TVRI bisa memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat sumut di 33 Kabupaten Kota. Tentu kalau hari ini kita lihat memang masih banyak daerah-daerah yang belum bisa mendapat terjangkau siaran TVRI Sumut. Ini yang harus perlu kita tingkatkan. Walaupun sisi infrmasi teknolgi TVRI sudah meningkat dari analog ke sistem digital. Tetapi jangkauannya kita harapkan bisa sampai ke Nias, ke pantai Barat dan seluruh masyarakat di Sumut,"ujar Gubernur Sumut Ir HT Erry Nuradi MSi didampingi Kadis Kominfo Sumut Ir HM Fitriyus, SH, MSP saat menghadiri perayaan HUT TVRI Sumut yang ke-46 Tahun di Kantor TVRI Jalan Putri Hijau Medan Sabtu (17/12/2016).

Dikatakan Gubsu Erry dengan hadirnya televisi Swasta tentu menjadi tantangan tersendiri bagi TVRI dalam menarik penonton. Hanya saja jika TVRI Sumut bisa lebih kreatif dengan menghadirkan konten-konten lokal yang bermutu tentu siaran TVRI Sumut akan diterima masyarakat luas.

"Tentunya Pemprovsu siap memberikan dukungan agar pelayanan TVRI Sumut bisa maksimal dirasakan masyarakat kita,"pungkasnya diamini Kepala Stasiun TVRI Sumut Zainuddin Latuconsina.

Sementara itu Mantan Kepala TVRI Medan M Nazief berharap dengan adanya sistem digital TVRI Sumut bisa mengembangkan sayapnya sehingga menjadi primadona ditengah-tengah masyarakat Sumut. Apalagi dengan sistem digital TVRI dapat menyajikan gambar yang detil, jernih dan suaranya yang enak didengar.

"Dengan arti kata penonton bisa lebih nyaman menontonnya. Apalagi dengan adanya TV streaming, masyarakat tidak hanya bisa menonton melalui TV Digital tetapi juga bisa lewat Handphone. Oleh karena itu sebenarnya bagi Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan TV daerah secara maksimal. Kehingga keberadaan daerah di suluruh Indoensia dapat terangkat ke permukaan nasional. Dan ini memang tidak terlepas dari pada pola siaran yang dibuat TVRI Nasional. Sehingga TVRI daerah tidak merasa terpinggirkan dan daerah ikut terkoneksi dengan siaran nasional yang merupakan NKRI yang harus kita pertahankan,"pungkasnya.

Dalam perayaan HUT TVRI Sumut ke-46 Gubsu Erry Nuradi menyempatkan senam Aerobic bersama keluarga besar Karyawan TVRI di pelataran Parkir Kantor TVRI Jalan Putri Hijau Medan. Dalam rangka HUT ini pihak panitia juga melaksanakan Gerak Jalan yang dilepas Kadis Kominfo Sumut Fitriyus dan juga perlombaan Badminton.