BLANGKEJEREN – 13 pendaki Gunung Leuser asal Malaysia yang sempat dievakuasi tim SAR (search and rescue), Jumat (16/12/2016) sore, karena salah satu rekan mereka mengalami sakit, kini kondisinya sudah membaik. Bahkan 13 pendaki itu telah meninggalkan Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, pulang ke negaranya. “Sekitar pukul 22.30 WIB malam ini, ke 13 pendaki Gunung Leuser asal Malaysia, telah meninggalkan Kedah Kampung Penosan Kecamatan Blangjerango menuju Medan, dengan menggunakan dua unit mobil penumpang jenis L-300 dan Kijang Innova,” ujar Kapolsek Kutepanyang, Iptu Zainurrusydi, Jumat (16/12/2016) malam.

Baca juga: Kisah Khairil Aslan Bersama Tim, Saat Mendaki Gunung Leuser

Namun demikian lanjut Kapolsek, sebelum mereka meninggalkan Kedah, terlebih dulu ia menekankan, sesampainya di Malaysia, agar Khairil Aslan sebagai ketua tim pendaki Gunung Lauser, bisa mengklarifikasi berita yang telah beredar di media negara Malaysia.

Sementara itu, Khairil Aslan berjanji, setibanya di Malaysia ia langsung melakukan jumpa pers di negaranya, dan akan menyampaikan kejadian yang dialaminya dan timnya dengan sebenar-benarnya. Bahkan ia juga berjanji, akan menyampaikan bagaimana tim SAR Indonesia sangat luar biasa dalam menyelamatkan dan memberikan bantuan kepada mereka. Apalagi, dalam membantu rekannya yang mengalami sakit.

Baca juga: Akhirnya, Tim SAR Berhasil Evakuasi 13 Pendaki Leuser Asal Malaysia

Aslan juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik tim SAR, Kepolisian dan TNI serta masyarakat yang telah membantu mereka, terutama yang telah membantu temannya yang sakit, bisa turun dari Kawasan Gunung Leuser sampai ke lokasi Resort Kedah dengan selamat.

Sebelum berangkat, 13 warga Malaysia bersama Kapolsek, Danramil dan Danpos Basarnas Cabang Kutacane, sempat foto bersama. Selanjutnya Iptu Zainurrusydi, Riski Hidayat dan Mr Jali, sekira pukul 22.30 WIB, melepaskan pendaki ini untuk bertolak ke Medan. Dan selanjutnya terbang ke Malaysia dengan pesawat Airbus.

Baca juga: Berikut Nama-nama 13 Pendaki Leuser Dijemput Tim SAR