MEDAN - Kombes Pol Sandi Nugroho resmi berkantor di Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Medan menggantikan Kombes Pol. H Mardiaz Kusin Dwihananto yang akan menempuh pendidikan, Selasa, (13/12/2106). Pergantian tersebut ditandai dengan penabuhan gondang sambilan. Mantan Kapolrestabes Medan Kombes Pol. Mardiaz Kusin Dwihananto didampingi istri diarak menggunakan mobil Jeep berkeliling Mapolrestabes Medan dan disambut dengan tebaran bunga dari personel Kepolisian menyemarakan arak-arakan tersebut.

"Selamat jalan Pak Mardiaz, semoga  lekas menggapai bintang," ujar para hadirin yang meyaksikan pisah sambut yang dirangkai dengan tradisi pedang pora oleh perwira Polrestabes Medan.

Sementara, Kapolrestabes Medan Kombes Pol. Sandi Nugroho dalam sambutannya menegaskan akan melanjutkan program-program keamanan dan berantas peredaran narkoba yang telah dibuat oleh pejabat sebelumnya.

"Apa yang telah dibuat  Kombes Pol. Mardiaz tentang program keamanan di Kota
Medan sudah baik. Kedepannya, akan terus kita lakukan," katanya. Sandi menyebutkan, kedepannya pihaknya akan membuat terobosan-terobosan yang baru untuk menjaga keamanan, ketertiban di Kota Medan agar tetap terjaga kondusif.

"Kita tetap menjadikan prioritas upaya menimalisir aksi begal, judi, dan berantas peredaran narkoba," sebutnya sembari menambahkan dalam upaya mengurangi aksi kejahatan Polrestabes Medan akan menyiapkan personel tambahan untuk melakukan giat patroli di lokasi rawan kejahatan.

Disinggung mengenai personel Polrestabes Medan yang rawan terlibat peredaran dan penyalahgunaan narkoba, Sandi mengaku, akan menindak tegas setiap personel yang terbukti terlibat dalam bisnis barang haram tersebut. "Ya, kita tidak mengenal kompromi untuk masalah narkoba. Apabila ada personel  yang terbukti melakukannya, akan ditindak tegas. Namun, sebelumnya harus dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan terkait tindakan tersebut," imbuhnya.

Mantan Kasatreskrim Poltabes Medan ini menambahkan, pihaknya meminta masyarakat untuk mendukung penuh aparat kepolisian dalam memberantas aksi-aksi kejahatan di Kota Medan.

"Saya meminta dukungan kepada rekan-rekan dan seluruh instansi terkait untuk
dapat memberantas kejahatan khususnya narkoba. Sebab, tanpa adanya dukungan dari masyarakat, aparat kepolisian tidak bisa bekerja," pinta Sandi.

Pada kesempatan yang sama, Kombes Pol. Mardiaz mengucakan terima kasihnya kepada seluruh personil di jajaran Polrestabes Medan yang telah memberikan loyalitasnya sebagai, pelayan, pengayom dan pelindung bagi masyarakat.

"Semoga motto Polri ini dapat terus terjaga. Sehingga, keamanan, kenyamanan yang diberikan kepada masyarakat terus terjaga. Terimakasih kepada semua pihak personil di jajaran Polrestabes Medan yang telah memberikan loyalitasnya dan kerjasamannya. Saya berharap, dengan kepemimpinan Kapolrestabes  Medan yang baru, seluruh personil semakin menunjukan kinerja yang lebih baik dan profesional dalam bertugas," tandasnya.

Pantauan di Mapolrestabes Medan, selain tradisi pedang pora dan gordang sambilan, acara pisah sambit tersebut juga diwarnai dengan pertunjukan oleh Polisi Cilik (Pocil) binaan Polrestabes Medan.