SAMOSIR - Guna mengembangkan dan melestarikan budaya batak, sekaligus untuk menghibur para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Samosir pada libur panjang Perayaan Maulid Nabi, Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Samosir menggelar panggung seni budaya di tiga titik objek wisata unggulan yang ada di Kabupaten Samosir. Ketiga titik tersebut antara lain objek wisata Menara Pandang Tele, Pasir Putih Parbaba, dan objek wisata Tomok.

Kegiatan seni budaya ini dilaksanakan serentak di dua tempat yaitu pada  Minggu, (11/12/2016) di Menara Pandang Tele dan di Tomok Simanindo. Sedangkan pada Senin (12/12/2016), pagelaran ini dilakukan di Pasir Putih Parbaba yang dihadiri ratusan pengunjung dari berbagai wilayah.

Kadis Pariwisata Seni dan Budaya Samosir, Ombang Siboro menyampaikan, panggung seni budaya ini terlaksana melalui kerjasama dengan 17 sanggar seni budaya yang ada di berbagai kecamatan di Kabupaten Samosir.

"Melalui konsep kerja sama dan prinsip pemberdayaan para sanggar yang sudah dibina selama ini,  kita mendorong dan memberi kesempatan kepada para sanggar seni untuk mampu melaksanakan event seni budaya  melalui kolaborasi antar sanggar," kata Ombang.

Ombang juga menjelaskan, berbagai konten acara berhasil dikemas, di organisir serta disajikan oleh para sanggar seni. Mulai dari tortor, opera, lagu-lagu tradisi, tari kreasi, musik akustik serta berbagai jenis hiburan lainnya seperti stand-up komedi dan fashion show dengan melibatkan berbagai kelompok usia, mulai dari anak anak dan remaja sampai dewasa.

Khusus pagelaran panggung seni budaya di Tomok, Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon MM, serta Ketua DPRD Samosir, Rismawati Simarmata, berkesempatan hadir, serta memberi apressiasinya atas kerja sama dan kecerdasan sanggar seni budaya yang ada di Simanindo-Tomok untuk menggkereasi acara dengan baik.

Bahkan Bupati Samosir secara spontan meminta supaya event ini rutin digelar.

Informasi yang dihimpun, terlihat para pengunjung sangat antusias menyaksikan berbagai suguhan penampilan sanggar, sembari menikmati liburannya di Samosir.

Seperti yang terpantau di Tomok seribuan pengunjung tampak memadati lokasi acara, bahkan sebagian pegunjung tampak larut ikut berjoget dan menari mengikuti irama musik, lagu dan tari yang tampil di pentas.