PANYAMBUNGAN - Cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Mandaling saat ini  mengakibatkan beberapa daerah yang ada dikabupaten tersebut  mengalam bencana longsor dan bencana  banjir bandang sehingga mengakibatkan akses jalan terputus. Dari data yang diperoleh di posko Siaga Bencana Kabupaten Mandailing Natal, terdapat  dua  titik  daerah yang terkena  longsor dan banjir bandang. Daerah tersebut adalah dititik desa Bulu Soma Kecamatan Batang Natal terkena bencana banjir bandang  dan titik Aek Milas Kecamatan Panyabungan Selatan terkena bencana  longsor.

Kordinator piket jaga posko siaga bencana, Surya Bakti Surbakti yang didampingi Kasubbag Program BPBD Mandailing Natal, Mulia Raja kepada mengatakan, bencana  banjir bandang dan longsor tersebut telah mengakibatkan akses jalan dari Ibu Kota Mandailing Natal menuju tujuh kecamatan yang ada dipantai barat Madina terputus.

Dimana kejadian banjir bandang  yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB tersebut tidak ada korban jiwa dan rumah-rumah penduduk yang rusak hanya saja badan-badan jalan tertimbun material longsor .

“Akibat banjir bandang tersebut membuat badan jalan sepanjang 200 meter  tertimbun material longsor,  sedangkan longsor yang terjadi Aek Milas mengakibatkan badan jalan sepanjang 10 meter  juga tertimbun material longsor.

Akibatnya para pengendara kendaraan yang hendak melewati jalan tersebut terpaksa harus menunggu dilokasi hingga  material tersebut dibersihkan.