PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengirimkan satu ton rendang ke Aceh untuk membantu logistik korban gempa di provinsi itu.

"Bersama bantuan logistik berupa rendang ini, juga kita kirimkan uang sebesar Rp450 juta untuk dipergunakan membantu masyarakat terimbas bencana dan 194 dus makanan siap saji," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat melepas kendaraan yang membawa bantuan di istana gubernur, Jumat, (09/12/2016).

Ia mengatakan bantuan yang diberikan adalah bentuk kepedulian Sumbar terhadap penderitaan warga Aceh. "Kita berharap bantuan ini akan bermanfaat untuk mereka, terutama untuk 11 ribu warga yang mengungsi," ujarnya.

Menurutnya pemilihan rendang untuk bantuan, karena saat ini masih tanggap darurat sehingga kebutuhan logistik sangat dibutuhkan.

"Rendang juga kuliner yang awet. Mudah-mudahan bisa membantu pengungsi selama beberapa hari," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Nasridal Patria merinci satu ton rendang itu adalah bantuan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumbar yang akan dikirimkan dua gelombang.

"Hari ini 875 kilogram. Besok tambahannya," kata dia.

Sementara untuk uang bantuan, Rp100 juta marupakan bantuan dari Baznas Sumbar dan Rp350 juta dari Pemprov Sumbar. Sekretaris BPBD Sumbar Eliyusman bersama Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Pagar Negara mengatakan bersama iringan bantuan ikut enam orang personel BPBD dan empat dari PMI.

"Bantuan juga menyertakan dua unit mobil tangki air masing-masing kapasitas 5000 liter," katanya.

Sebelumnya juga telah dikirimkan 10 tenaga kesehatan dari RS M. Djamil diantaranya dua asisten residen, empat perawat mahir, dan empat ahli ortopedi.

Selain untuk Aceh, sekaligus dikirimkan bantuan untuk bencana banjir di Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat serta bantuan longsor di Kabupaten Agam. Tim bantuan untuk Aceh akan dipimpin oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit. ***