BINJAI - Humas Wakil Wali Kota Binjai Timbas Tarigan didampingin oleh kabag hukum pemko binjai Otto Harianto, menerima penghargaan kota peduli hak asasi manusia (HAM) dari pemerintah pusat. Pemberian penghargaan ini dilakukan oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly pada puncak Peringatan Hak Asasi Manusia Sedunia ke-68 tahun 2016 yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Kamis (8/12/2016).

 

"Penghargaan ini cukup membanggakan bagi daerah," terang Achmad Fahmi kepada media.

Timbas mengatakan, penghargaan ini diberikan berdasarkan sejumlah kriteria dan penilaian yang dilakukan Kementerian Hukum dan HAM. Hasilnya, Kota Binjai  dinilai layak sebagai daerah dengan predikat peduli HAM.

Menurut Timbas  salah satu parameternya yakni adanya regulasi berupa peraturan daerah (perda) yang memperhatikan aspek HAM. Sehingga penerapannya di lapangan tidak menimbulkan permasalahan.

Selain itu lanjut Timbas  pemahaman warga akan HAM di Binjai  cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan menjuarai lomba cerdas cermat (HAM) tingkat nasional pada 2016 ini.

Prestasi ini menyebabkan nilai Kota Binjai  cukup tinggi dibandingkan dengan yang lain. Ke depan kata Timbas , Kota Binjai  akan terus berbenah dan menjaga predikat kota peduli HAM tersebut. Hal ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.