MEDAN - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik, menyiapkan sejumlah tenaga medis untuk menghadapi bencana gempa bumi yang tengah berlangsung di Pidie Jaya, Aceh. Selain itu, rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI ini juga sudah mengirimkan beberapa tenaga medis ke lokasi bencana.

"Sebagai rumah sakit vertikal, Adam Malik tentu berkewajiban merespon cepat setiap kejadian bencana alam yang ada di Indonesia, khususnya di Aceh," ungkap Direktur Keuangan RSUP H Adam Malik Welly Refnealdy, Rabu (7/12/2016).

Welly mengatakan, pihaknya saat ini sudah mengirimkan sebanyak empat orang yang terdiri dari dokter spesialis anastesi dan perawat mahir (tanggap darurat). Disamping juga, sejumlah tenaga medis RSUP Adam Malik standby untuk menyusul diberangkatkan yakni, tenaga spesialis anastesi lima orang, spesialis ortopedi lima orang, perawat mahir 12 orang, beserta tenaga farmasi, gizi disamping tenaga lainnya yang mungkin dibutuhkan.

"Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes sudah ada langkah-langkah instruksi berupa agar kita siapkan tenaga yang dubutuhkan dilapangan dan diberangkatkan kapan saja. Saat ini tim kecil sudah lebih dahulu diberangkatkan," jelasnya.

Lebih lanjut, Welly menyebutkan, tenaga medis yang dikirimkan RSUP Adam Malik nantinya akan bertugas sampai tanggap darurat dianggap selesai. Ia juga mengaku, rumah sakit ini juga siap menampung, jika ada korban gempa yang harus sampai dirujuk ke RSUP Adam Malik tersebut.

"Selagi dibutuhkan kita akan full disana (Aceh). Apapun kondisinya kita juga siap jika ada korban yang dikirim ke Adam Malik, sesuai dengan standart darurat kita, yakni standar alat dan orang yang mutunya sudah dijamin," tegasnya.

Kepala Instalasi Gawat Darurat RSUP H Adam Malik dr Ade Veronica HY SpAN KIC menambahkan, terkait bencana gempa bumi di Pidie Jaya ini, RSUP Adam Malik sudah menyiapkan alat-alat kesehatan untuk menangani korban.

"Semua peralatan, kemudian tenaga juga sudah siap. Kita juga sudah koordinasi dengan unit lain," tandasnya.