LANGSA - Kepala Dinas Kesehatan Aceh diminta untuk segera menginstruksikan kepada kabupaten/kota yang berdekatan dengan lokasi bencana agar mengirimkan tenaga medis seperti dokter bedah dan lainnya ke Pidie Jaya.

"Langkah cepat ini dibutuhkan sesegera mungkin, mengingat jumlah korban luka-luka yang hampir mencapai 500 orang dan ini membutuhkan bantuan pelayanan secara ekstra dari dinas terkait," sebut Ketua Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) Aceh, Nasruddin, kepada GoAceh, Rabu (7/12/2016).

Selain itu juga kita berharap kepada pemerintah kecamatan agar membuka dapur umum di lokasi bencana agar masyarakat yang terkena musibah tidak menambah beban untuk mencari kebutuhan hidup.

Ia juga, meminta kepada Pemerintah Aceh untuk menetapkan status bencana pascaterjadinya gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter di Pidie Jaya. Hal ini perlu segera ditetapkan mengingat keterbatasan pemerintah daerah dalam membantu korban cukup terbatas.

"Informasi yang kita terima, saat ini untuk proses evakuasi mengalami terkendala, karena keterbatasan alat berat, belum lagi persoalan kesehatan bagi korban gempa yang tidak bisa terlayani dengan baik," pungkasnya.