BANDA ACEH - Gempa bumi yang berpusat 18 km di timur laut Kabupaten Pidie Jaya Aceh, juga mengguncang Kota Banda Aceh dan daerah lainnya kawasan pesisir timur, Rabu (7/12/2016) pagi sekitar pukul 05.04 WIB.
Menurut informasi yang diperoleh melalui Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh, Stasiun Blang Bintang, Zakaria, gempa bumi yang terjadi berkekuatan 6,4 skala richter.
 
"?Pusat gempa berlokasi di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, dengan kedalaman laut 10 kilometer, 5.19 Lintang Utara, 96.36 Bujur Timur," ujar Zakaria kepada GoAceh saat dikonfirmasi.
 
Data yang dikirimkan kepada GoAceh, gempa yang terjadi berpusat di 18 kilometer timur laut (Pidie Jaya), 34 kilometer barat laut (Bireuen), 48 kilometer timur laut (Pidie?), 121 kilometer tenggara (Banda Aceh) dan 1.716 kilometer barat laut (Jakarta). "Gempa tidak berpotensi tsunami," lanjutnya.
 
?Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh keterangan resmi lanjutan terkait peristiwa gempa bumi yang sangat terasa mengguncang kota Banda Aceh ini.

Sementara informasi lain diperoleh GoAceh, di kawasan Ulee Glee, Kabupaten Pidie ada empat bangunan toko ambruk, dan 2 bangunan toko di Meureudu, Pidie Jaya.