JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan Kapolda Aceh Irjen Rio S Djambak dan jajaran untuk maksimal dengan kekuatan yang ada dalam membantu warga akibat gempa berkekuatan 6,5 SR yang terjadi di Aceh.

Tito mengatakan personel tambahan dari Jakarta siap diterjunkan ke Aceh bila dibutuhkan.

"Saya sudah perintahkan Kapolda Aceh untuk segera turun all out membantu masyarakat," kata Tito dalam keterangannya, Rabu (7/12/2016).

"Lakukan tindakan segera untuk memberikan pertolongan, bila memerlukan tambahan kekuatan akan segera dikirim. Gunakan fasilitas dan sarana prasarana yang kita (Polri) miliki untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," sambungnya.

Kapolda Aceh Irjen Rio S Djambak meninjau langsung lokasi gempa di Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Rio menyebut ada 2 kota yang paling parah terdampak gempa 6,5 skala Richter (SR) tersebut.

"Kondisi yang terparah di Meureudu dan Ulee Glee," ucap Rio saat meninjau lokasi gempa di Tienggadeng, Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12/2016).

Dua lokasi tersebut berada di Kabupaten Pidie Jaya. Rio meninjau lokasi bersama Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman. Selain itu, Rio juga mengatakan bahwa para korban luka telah dievakuasi ke 3 rumah sakit. Rumah sakit yang beroperasi untuk merawat para korban luka tersebut yaitu RS Pidie, RS Pidie Jaya, dan RS Bireuen.***