BANDA ACEH – Menjelang peringatan milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang pada 4 Desember, Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman memastikan situasi di Aceh kondusif.

Hal itu disampaikan Pangdam saat membuka Iskandar Muda Trail Adventure (IMTA) Enduro Competition 2016, di Lapangan Tembak Rindam Iskandar Muda, Gunung Batok - Mata Ie, Aceh Besar. Sabtu (3/12/2016).

Baca juga

KPA Pastikan Milad ke-40 GAM Wilayah Pase Digelar di Panteu Breuh Baktiya

Jelang Milad GAM ke 40, TNI/Polri Gelar Patroli

Pangdam mengatakan tidak ada pengaman khusus untuk milad GAM kali ini, tetapi TNI dan Polri tetap melakukan patroli gabungan di setiap wilayah Aceh. TNI dan Polri hanya mengamankan pilkada.

“Saya juga meminta kepada Kapolda, Kapolres, Dandim dan Danrem agar pasukanya, hanya dikhususkan untuk mengamankan jalannya pillkada, yang saat ini dalam tahapan kampanye,” katanya.

Baca juga

Ketua KPA Pidie: Milad GAM Besok Jangan Naikkan Bendera Bintang Bulan

Milad GAM Besok, Ini Imbauan Polda Aceh

Pihaknya juga mengajak seluruh elemen dan instansi seperti pemerintah daerah, tokoh-tokoh masyarakat, ulama untuk bersama-sama menjaga keamanan di daerah setempat.

“Sehingga dengan melakukan bersama-sama, tidak ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, melakukan  hal-hal yang tidak diinginkan seperti perbuatan-perbuatan anarkis, provokasi dan lain sebagainya,” ujarnya.

Baca juga

Jelang Milad GAM, TNI Polri Patroli Gabungan

Kapolres, Dandim dan Kajari Aceh Timur Temui Petinggi PA

Pangdam menyebutkan Partai Aceh (PA) juga ikut sebagai perserta pilkada. Mereka saat ini melakukan zikir dan doa bersama, yang bertujuan agar di daerah Aceh tetap kondusif dan pilkada tetap berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

“Yang penting hal-hal yang memancing sensitif,  dapat dihindari sekecil apapun. Dalam milad GAM ini, kami TNI dan Polri tetap terus bekerja untuk memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat,” kata Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman.