BINJAI - Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarukim) Pemko Binjai akan terus melakukan menertiban bannunan liar yang ada di  daerah aliran sunga (DAS) Kota Binjai.

“Kita akan melanjutkan penertiban ini di seluruh garis Sempadan sungai, sampai benar benar bersih," ujar Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarukim) Pemko Binjai Mahfullah P Daulay, Kamis (1/12/2016).

Lebih lanjut dia menerangkan, setiap pembongkaran yang dilakukan pihaknya, sudah melalui sosialisasi dan pemberitahuan. Namun, bila pemberitahuan tersebut tidak dilakukan atau diindahkan, pihaknya akan melakukan pembongkaran. 

 “Pembongkaran dilkukan untuk kebaikan bersama. Terutama agar sungai bearish dan lancer,” tutupnya.

Sekedar informasi, pihak Distarukim bekerjasama dengan Dinas kebersihan dan pertamanan (DKP) Pemko Binjai, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Binjai, Satpol PP, serta aparat keamanan dari Polsek Binjai kota, terus membersihkan dan merubuhkan bangunan bangunan yang ada di pinggiran sungai.

Kali ini dearah yang di bersihkan adalah bantaran sungai Bingei yang ada di jalan Benteng, kelurahan pekan Binjai, Binjai kota. Dengan menggunakan satu unit alat berat, bangunan liar yang berada di pinggiran sungai tersebut, dirubuhkan dan diratakan. Dimana daerah yang terkenal dengan "Las Vegas" kota Binjai, atau di kenal dengan nama "kampung Tanjung" terus di ratakan dengan alat berat.

"Penertiban ini adalah lanjutan dari yang kemarin kemarin sudah kita lakukan. Tempat ini dulunya adalah infrastruktur jalan yang berada di pusat inti kita. Pada 2017, akan kita fungsikan kembali dan akan kita buat taman, serta ruang terbuka hijau," ucapnya.

Menurutnya, sebelumnya pihaknya mendengar dari masyarakat jika tempat tersebut  kerap dijadikan tempat untuk berbuat hal yang negatif, sehingga dengan adanya penertiban ini, diharapkan pesanggrahan ini di bongkar, agar tidak terjadi lagi hal hal yang tidak di inginkan, dan juga membantu pihak polres Binjai, agar bisa tercipta situasi yang aman dan kondusif.

Ditempat yang sama, Lurah Pekan Binjai yang bernama Ihksan, sangat mendukung pembongkaran yang di lakukan Distarukim Pemko Binjai. "Selagi itu untuk kebaikan masyarakat dan program perintah, pasti kita dukung," ucapnya singkat.