PADANG LAWAS-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengadakan pelatihan program pencegahan dan penanggulangan penyakit menular. Tujuannya untuk mendeteksi dini kejadian luar biasa (KLB) bagi penyakit menular.

Kabid PMK Dinkes Palas dr Ilham S didampingi Kasi P2P Dinkes Palas Hasan Basri kepada GoSumut Jumat (25/11/2016) mengatakan, sasaran pelatihan yaitu petugas Puskesmas di Kabupaten Palas yaitu 16 puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan se-Kabupaten Palas.

“Keluaran yang diharapkan yaitu tersedianya 16 orang petugas kesehatan yang dilatih dalam sistem kewaspadaan dini dan respon program pencegahan dan penanggulangan penyakit menular,”ungkapnya.

Kemudian kata mereka akan meningkatkanya pemahaman pemangku kebijakan dalam sistem kewaspadaan dini dan respon program pencegahan dan penanggulangan penyakit menular.

Sambutan Bupati Palas H Ali Sutan Harahap melalui Kadis Kesehatan Palas Leli Ramayulis SKM mengatakan untuk menanggulangi agar penyakit menular maupun tidak menular pihaknya berupaya meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi seluruh masyarakat.

“Serta ketersediaan tenaga kesehatan merata dan berkualitas secara berkesinambungan, khususnya di daerah terpencil atau kurang diminati,”terangnya.