LHOKSEUMAWE- International Organization for Migration (IOM) bekerja sama dengan Aceh Guides membekali menayangkan sejumlah film edukasi bagi imigran Sri Lanka, yang ditempatkan di bekas Kantor Imigrasi Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe. Penayangan film ini dilakukan dua kali dalam sepekan.

Baca juga

Imigran Rohingya Tidak Senang Dikirim ke AS

Ini Nama-nama Imigran Rohingya yang Masih Menetap Di Aceh Utara

Koordinator Lapangan, Aceh Guides, M Razi Efendi, mengatakan, tujuan dibuat kegiatan menonton film edukasi ini supaya mereka tidak merasa bosan dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kegiatan ini kita lakukan seminggu dua kali, yaitu hari Jumat dan hari Sabtu sore. Mereka kita bekali dengan film-film motivasi dari luar yang mereka mengerti bahasanya. Kalau untuk hari Sabtu, kita lebih fokuskan ke film kartun yang untuk anak-anak kecil,” ungkapnya.

Baca juga

Bebas Perang, Imigran Sri Lanka Senang Tinggal di Aceh

Nasib 43 Imigran Sri Lanka Belum Jelas di Lhokseumawe

Sebelumnya, kata Dia, dua bulan lalu pihakberi pelatihan tentang tata cara merias diri dan make up untuk wanita. “Tapi sekarang mereka lebih kita fokuskan untuk edukasi seperti ini. Mereka sendiri sangat bersemangat dan senang dengan kegiatan ini,” pungkasnya.