MEDAN - Google AdSense (GA) bukanlah hal yang baru bagi para blogger. Apalagi kehadirannya memberikan keuntungan bagi blogger untuk meraup rupiah. Menurut situs resmi Google bahwa Google AdSense adalah cara gratis dan sederhana bagi semua penayang situs web, besar maupun kecil, untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan Google yang bertarget di situs web pribadinya.
 
AdSense juga memungkinkan Anda untuk menyediakan penelusuran Google kepada pengguna situs Anda dan memperoleh penghasilan dengan menampilkan iklan Google pada laman hasil penelusuran.
 
Salah seorang pengguna GA, Yan Azhar Pane mengatakan bahwa ia telah mendapatkan keuntungan jutaan rupiah hanya dengan memanfaatkan GA di akun Youtube miliknya.
 
“Setelah mendaftar ke GA, uploud aja video bermanfaat buatan sendiri, kemudian share supaya banyak pengunjungnya. Semakin banyak orang lain yang menayangkan videoa tersebut, semakin banyak pula penghasilan yang kita dapatkan,” ungkapnya.
 
Ia telah menggunakan GA sejak 2014 dan banyak mempublikaskan video, saat ini telah berjumlah seratus lebih di akun youtubenya. Triknya supaya video yang kita publikasaikan banyak ditayangkan orang adalah membuat video yang bermanfaat.
 
“Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan media sosial lainnnya untuk membagikan video kita tadi,” cetusnya.
 
Di tempat terpisah, salah seorang pengamat ekonomi Sumut Benjamin Gunawan mengatakan bahwa iklan di jejaring online biasa disebut e-commerce atau daring.
 
“Kalau iklan di jejaring online yang menguntungkan dalam ekonomi Islam diperbolehkan,” ungkapnya.