MEDAN - Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Helvetia membuat terobosan kreatif dengan membuka Ruang Curahan Hati (RCH), Sabtu, (29/10/2016). Kapolsek Medan Helvetia, Kompol Hendra Eko T, mengatakan terobosan kreatif sektor yang dipimpinnya itu untuk menampung keluhan dari masyarakat.

"Idenya sederhana, untuk menampung aspirasi dan keluhan serta menjadi ruang mediasi bagi persoalan yang dialami warga Helvetia. Misalnya, masalah perselisihan antar keluarga," jelasnya.

Dengan adanya ruang tersebut, Hendra berharap, terobosan itu dapat membantu warga dalam mengatasi perselisihan yang terjadi.

Meski terbilang baru, namun terobosan yang dilakukan ini dianggap ampuh untuk memediasi perselisihan warga. Hal ini terbukti berdasarkan pantauan GoSumut di Polsek Helvetia.

Salah seorang warga, Teuku Iwan Yoeswardi warga Jalan Matahari Linkungan VII No. 68 mendatangi RCH Polsek Helvetia. Ia mengadukan anaknya, Aswandi yang sering melakukan penganiayaan terhadap dirinya.

Menerima laporan dan mendengarkan keluhan tersebut, Kepala Unit (Kanit) Bhabinkamtibmas Polsek Helvetia, AKP Taslim bersama personil langsung menjemput Aswandi dan membawanya ke RCH guna dipertemukan dengan orangtuanya. Setelah dimediasi, akhirnya terjadi kesepakatan perdamaian dan si anak meminta maaf serta membuat surat perjanjian tidak akan mengulangi lagi perbuatannya.