JAKARTA - Rencana aksi turun jalan untuk menyeret Ahok ke jalur hukum pada 4 Nopember 2016 mendatang, dipastikan bukan hanya melibatkan umat islam di DKI Jakarta.

Bahkan, Sekjen DPD Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta Novel Bamukmin mengatakan, rencana demonstrasi ormas Islam pada 4 November 2016 akan melibatkan ormas dari luar Jakarta dan luar pulau Jawa.

Demonstrasi bertema Aksi Bela Islam guna menuntut Gubernur Petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama diproses hukum atas dugaan penistaan agama juga akan melibatkan massa buruh dari wilayah Jabodetabek.

"Massa yang terlibat akan lebih banyak dari aksi kami sebelumnya (14 Oktober 2016). Akan ada perwakilan ormas-ormas dari daerah dan kelompok buruh yang bergabung" tukasnya, Sabtu (29/10/2016).

Dia menyatakan unjuk rasa pekan depan tidak akan dipusatkan di Balai Kota DKI Jakarta, melainkan di Istana Negara. “Bukan karena Ahok cuti kami tidak ke Balai Kota. Namun karena tujuan kami ke Istana,” kata dia.

Tujuannya kata dia, agar Ahok diadili. Dituntaskan kasus penistaan agama yang telah ia lakukan. "Dia sudah menyakiti hati kami dan hati segenap umat muslim," tuturnya.

Sama seperti unjuk rasa pada 14 Oktober, demonstrasi 4 November akan dimulai dari Masjid Istiqlal di mana massa akan “long march” ke Istana Negara setelah Salat Jumlat, hingga petang.

Novel menjanjikan aksi akan berlangsung damai dan tertib untuk menunjukkan bahwa ormas-ormas berunjuk rasa dengan cara yang terhormat. ***