PINRANG - Memperingati Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Pinrang diwarnai aksi unjuk rasa oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Pinrang. Aksi mereka untuk mengingatkan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Pinrang agar melaksanakan program yang membentuk karakter dan moralitas siswa. Aksi demonstrasi berlangsung di Jl Jendral Sudirman depan Tugu Pahlawan 10 November (28/10/2016). Sasaran para demonstrasi adalah DPD KNPI Pinrang dan Dikpora Pinrang. mereka mengeluhkan kinerja pemerintahan dalam membentuk karakter dan moralitas siswa dan siswi yang tersebar di kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. termasuk maraknya sistem penjatahan di momen penerimaan siswa baru.

''Kita ketahui bersama jika hari ini, KKN menjadi musuh utama bangsa ini. Jika instansi tidak menjauhi KKN maka bisa menjadi awal dari munculnya nilai KKN dibenak para siswa,'' ujar Ahmad Fauzy, dalam orasinya.

Sementara itu, DPD KNPI Pinrang, dianggap tidak mampu menunjukkan perannya sebagai lembaga kepemudaan. ''DPD KNPI Pinrang tidak mampu menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga kepemudaan yang menaungi seluruh OKP sekabupaten Pinrang,'' ujar Alip, koordinator aksi.

Selain itu, ketua HMI Cabang Pinrang Mohd. Sulihin menuturkan, KNPI selama ini sangat mandek dalam melaksanakan kegiatan dalam pembinaan pembentukan karakter pemuda. ''Lebih baik Ketua DPD KNPI melepaskan jabatannya jika memang hanya mampu membuat kegiatan hiburan saja tanpa mampu menyoroti masalah-masalah yang lebih urgen,'' tambahnya. (rls)