JAKARTA - Di hadapan ratusan peternak kambing, 29 Oktober 2016, Bantul, Jogjakarta, Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan Sosialisasi 4 Pilar MPR. Dalam kesempatan itu Zulkifli Hasan mengatakan negara itu bisa maju bila ia mempunyai ilmu pengetahuan dan adanya saling percaya antar masyarakat.

"Negeri ini kaya, sayang masing impor daging," ujarnya.

Disebutkan kedelai impor, garam impor, dan beras impor. Ada sesuatu yang tidak beres. "Kita saling mengkhianati sehingga susah maju," katanya. Padahal negara ini memiliki banyak modal alam. "Rumput ditanam langsung tumbuh," paparnya.

Zulkifli Hasan membandingkan dengan Jepang. Negeri itu luasnya sebesar Sumatera dan banyak gunung api sehingga sering terjadi bencana alam. Meski demikian negeri sakura itu mampu menjadi produsen daging sapi yang melimpah. "Kita yang memiliki banyak pulau besar namun masih belum bisa seperti Jepang," tambahnya.

Untuk itu menurut Zulkifli Hasan kita perlu kebersamaan. Mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan. "Kita harus berdaulat, kalau berdaulat kita bisa adil dan bila adil maka negara ini akan sejahtera," pungkasnya. "Perlu pemimpin yang pancasilais," tambahnya. rls