LHOKSEUMAWE – Pascaledakan bom rakitan di Lapas Kelas II A Lhokseumawe, perwakilan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengunjugi Kota Lhokseumawe, Selasa (25/10/2016).

Kepala Lapas Kelas II A Lhokseumawe, Elly Yuzar, saat dikonfirmasi GoAceh terhadap kebenaran kunjungan tersebut, membenarkan hal itu. Namun kunjungan tertutup bagi media.

“Ia benar, ini lagi meeting,” ucap Elly. Dan, ketika ditanya apa boleh diliput oleh media, Elly menjawab “Tidak boleh diliput.”

Baca: Ledakan Lapas Lhokseumawe: Adri Ditangkap, Jumar Masih Dikejar

Elly pun tidak menjawab dimana pertemuan dengan perwakilan dari Ditjen Pas yaitu Feby dan Paon, termasuk dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Aceh, Gunarso.

Sebelumnya, ledakan bom menguncang Lapas Kelas II A Lhokseumawe. Ledakan tersebut menghancurkan sebagian kecil dinding pagar beton Lapas itu, pada Minggu sekira pukul 14.30 WIB.

Akibatnya, dua narapidana menjadi korban dan terpaksa dilarikan ke rumah sakit. Satu di antaranya diduga pelaku kritis, akibat terkena ledakan bom. 

Baca: Kasus Peledakan LP, Polres Lhokseumawe Periksa 13 Saksi

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara dan sejumlah barang bukti ditemukan di lokasi, bom itu diletakkan di dalam lubang pipa air minum, yang menghubungkan antara luar dan dalam Lapas. Bom diketahui dibalut dengan kaleng sarden.

Baca: Diduga Pelaku Peledakan LP, Tangan Napi Ini Nyaris Putus