BINJAI – Tokoh muda, M Yasir Nasution hadir sebagai narasumber di acara PLD (Pengkaderan Latihan Dasar) yang digelar IMBI-SU (Ikatan Mahasiswa Binjai Sumatera Utara) di Gedung Diklat Pemko Binjai, Jumat (21/10/2016) malam. Selain menyampaikan materi tentang peran dan fungsi mahasiswa, Yasir juga mengharapkan sumbangsih pemikiran generasi muda dalam memajukan pembangunan di Kota Binjai. Dijelaskannya, mahasiswa memilik peran yang istimewa dengan tiga fungsi atau dalam arti kata lain agent of change, social contro dan iron storck. Dengan fungsi tersebut, kata Yasir, tugas besar diemban mahasiswa yang diharapkan dapat mewujudkan perubahan bangsa yang sudah sangat semerawut ini.

”Maka lengkaplah peran mahasiswa itu sebagai pembelajar sekaligus pemberdaya yang didukung dalam tiga peran. Hingga suatu saat nanti bangsa ini akan menyadari bahwa mahasiswa adalah generasi yang ditunggu-tunggu saat ini,” ucapnya.

Ketua Umum, IMBI-SU, Syahrur R Hasibuan mengatakan kegiatan ini bertujuan melatih kepemimpinan mahasiswa serta untuk menumbuh kembangkan minat mahasiswa kepada dunia organisasi.

”Kegiatan ini baru pertama kali digelar dan ini menjadi agenda tahunan nantinya," ucap Syahrur.

Dia mengatakan kegiatan ini diikuti 35 peserta yang berasal dari seluruh mahasiswa di Kota Binjai. Syahrur berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan serta motivasi mahasiswa di dunia organisasi.

Latihan Dasar Pengkaderan ini, jelas Syahrur lagi, diisi dengan beberapa materi antara lain tentang Sejarah dan Sekretariatan IMBI. Kemudian ada juga materi Peran dan Fungsi Mahasiswa Dalam Organisasi dengan pemateri adalah Pembina IMBI-SU, M. Yasir Nasution.

Selain itu juga, ada materi Managemen Organisasi dan Materi Kepemimpinan serta materi Kewirausahaan. ” Latihan Dasar Kader IMBI-SU berlangsung selama tiga hari, dan akan berakhir pada Minggu (23/10/2016) mendatang, ” ucap Syahrur didampingi Ketua Panitia PLD, Rahmad Syahputra.

Turut hadir dalam pembukaan Pengkaderan Latihan Dasar IMBI-SU I Tahun 2016, Arif Rahman Nasution, Ketua DPD KNPI Kota Binjai, Lukmanul Hakim, mewakili Kakanmenag Binjai, Pengurus Komite Organisasi Mahasiswa Sumatera Utara (Komdasu) yang merupakan induk seluruh organisasi mahasiswa di Sumut.