MEDAN- Tujuh Duta Besar bersama wakil duta besar berkesempatan mengunjungi Sumatera Utara dan bertemu langsung dengan Gubsu Erry Nuradi di rumah dinas Gubernuran Jalan Jenderal Sudirman Medan, Rabu (19/10/2016). “Sumut memiliki kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke untuk industri sawit dan turunannya di Simalungun, selain itu memiliki bandara Kuala Namu juga pelabuhan Belawan. Selain itu Sumut juga memiliki pelabuhan Kuala Tanjung di Batubara,” papar Erry.

Untuk mengenal Sumur lebih jauh, Erry juga mengajak para delegasi Uni Eropa agar dapat berkesempatan mengunjungi Danau Toba. Di mana di dalamnya juga terletak pulau Samosir yang merupakan pusat dari kebudayaan batak toba.

Sumut dan kota Medan dinilai memiliki keunikan tersendiri disamping jumlah penduduknya yang cukup besar, hal inilah yang menjadi ketertarikan dari 16 diplomat Uni Eropa melakukan kunjungan selama tiga hari di Sumut mulai Rabu- Jumat (19-21/10/2016).

Kunjungan ini dilakukan untuk meningkatkan kerjasama di antara negara-negara Uni Eropa dengan Pemerintah Sumatera Utara (Sumut).

Kunjungan yang dipimpin oleh duta besar Uni Eropa dari Prancis Vincent Guerend ini diikuti oleh diplomat lainnya di antaranya duta besar Austria, Helene Steinhausl, duta besar Yunani, Georgios Dogoritis, Duta Besar Irlandia, Kyle O’Sullivan, duta besar Italia, Vittorio Sandalli, duta besar Hongaria, Judit Nemeth-Pach dan duta besar Slovakia, Michal Slivovic. Selain itu juga turut dihadiri wakil duta besar dari berbagai negara Uni Eropa.

Duta Besar Uni Eropa, Vincent Guerend mengatakan, Medan merupakan kota ketiga yang mereka kunjungi setelah Bandung dan Surabaya. Selama ini kata Vincent, Uni Eropa memiliki kepentingan kerjasama bilateral dengan pemerintah Indonesia di Jakarta, namun Uni Eropa juga berkeinginan untuk melihat langsung daerah-daerah di Indonesia terutama yang berada di luar Jawa.

“Kami menilai Medan ini memiliki keunikan budaya tersendiri, begitu juga dengan ekonominya. Sumut juga merupakan provinsi yang strategis, karena memiliki laut juga hutan. Oleh karena itu kami ingin melihat langsung dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama dengan provinsi Sumut,” ujar Vincent.