MEDAN -Puluhan warga Dusun Sri Mulya B, Desa Sumber Rejo, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara diduga mengalami keracunan makanan. Satu orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut. "Korban yang meninggal dunia atas nama Misriani (40), alamat rumah Dusun Srimulya B, Desa Sumber Rejo, Kecamatan, Pagar Merbau," kata Kapolres Deliserdang AKBP Robert Da Costa, Selasa (18/10/2016).

Robert mengatakan, kejadian ini bermula pada Sabtu (15/10/2016) malam, saat itu ada salah seorang warga yang melaksanakan hajatan di Dusun Sri Mulya B, Desa Sumber Rejo.

"Kemudian, yang punya hajatan mengundang warga setempat," terang Robert.

Setelah acara tersebut selesai, selanjutnya para undangan membawa makanan dari tempat hajatan itu. Kemudian warga menikmati makanan yang dibawa pulang itu.

"Besoknya, warga mengalami sakit perut usai menikmati makanan yang dibawa pulang itu. Tetapi, tidak segera berobat ke Puskesmas, hanya meminum obat yang dibeli dari warung," lanjut Robert.

Pada hari Senin (17/10/2016) siang, salah seorang warga bernama Misriani sempat di rawat di Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam, Deliserdang selama 5 jam, namun jiwanya tidak tertolong dan meninggal dunia.

Selain satu korban meninggal dunia, ada 36 warga yang sedang dirawat. 36 warga tersebut dirawat di tiga tempat yakni Rumah Sakit Sari Mutiara Lubuk Pakam, Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Pakam dan Puskesmas Pagar Merbau.

"Jadi rinciannya, untuk 13 orang diopname di Rumah Sakit Daerah Lubuk Pakam, 21 orang diopname di Rumah Sakit Sari Mutiara Lubuk Pakam dan dua orang lagi di opname di Puskesmas Pagar Merbau," jelas Robert.

Terkait peristiwa tersebut, aparat Kepolisian telah mengambil barang bukti makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan warga.

"Kita meminta kepada pihak keluarga yang meninggal dunia untuk dilakukan autopsi, namun pihak keluarga keberatan sehingga dibuat surat pernyataan terkait hal itu. Kita juga sedang memintai keterangan kepada wargaa yang punya hajatan tersebut," tutup Robert