MEDAN - Tak hanya pedagang yang menggunakan jalan untuk tempat menjajakan barang dagangannya di Pasar Monza Sukaramai, juru parkir (jukir) juga memanfaatkan badan jalan untuk areal parkir pengunjung. Pantauan GoSumut, hal ini semakin membuat kemacetan yang tak terelakkan lagi jika melewati Jalan AR Hakim pada pukul 20.00-24.00. Tampak separuh badan jalan digunakan jukir untuk memarkirkan kendaraan yang singgah ke lokasi monza.

Seorang jukir yang tidak mau menyebutkan namanya mengaku mencari penghasilan dengan membuka lapak parkir di saat monza mulai beroperasi. “Lumayan, Bang untuk menambah penghasilan. Lagian supaya teratur pembeli yang membawa kendaraan,” ungkapnya, Minggu, (16/10/2016) malam.

Saat ditanya mengenai lokasi parkir yang menyentuh badan jalan, ia hanya berkilah karena tidak ada lokasi parkir. Karena sekelilingnya juga dipenuhi dengan ruko-ruko. Dan tampak tidak ada lokasi lain kecuali di badan jalan. “Mau gimana lagi Bang. Cuma di sini yang ada lapak untuk parkir,” ungkapnya.

Terkait kemacetan yang kerap terjadi di malam hari, mendapat perhatian dari masyarakat sekitar. Firza Faisal (30) warga Jalan Tuba mengaku gerah dengan kemacetan di depan Monza Sukaramai.

“Sebenarnya malas aku lewat Jalan Sukaramai ini Bang kalau malam hari. Beginilah keadaannya, pasti macet. Semoga aja ada penertiban dari Pemko Medan terkait parkir liar yang mengganggu pengguna jalan," tandasnya.

Dari informasi yang dihimpun, sejauh ini belum ada tindakan tegas dari Pemko Medan dalam mengatasi parkir liar tersebut.