SIPIROK - Panitia Khusus (Pansus) DPRD Provinsi Sumatera Utara melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Tapanuli Selatan, Jumat (14/10/2016). Kedatangan legislator itu di Kantor Bupati Tapanuli Selatan, Dano Situmba, Sipirok disambut  Wakil Bupati  Aswin Efendi Siregar, Plt Sekda Marasaud dan sejumlah pejabat.

Wakil Bupati Tapanuli Selatan Aswin Efendi Siregar selain mengucapkan selamat datang juga mengatakan semoga tugas tugas legislator Sumut di Tapsel bisa lancar demi kemajuan pembangunan daerah.

Rombongan Pansus DPRD Provinsi Sumut dipimpin Juliski Simorangkir (F Gabungan). Turut dalam rombongan Analisman Zalukhu (F PDIP), Darwin Lubis, Zulfikar (PKS), dan Nezar Djoeli (Nasdem).

Kunjungan mereka di Tapanuli Selatan dalam rangka pembahasan tentang lingkungan hidup dan izin usaha perusahaan yang berada di daerah ini.

Selain itu, mereka juga membicarakan gambaran kondisi lingkungan Kabupaten Tapsel terkait pencemaran udara, air, kondisi tanah dan lahan pertanian/perkebunan akibat proses industri/perusahaan, kegiatan masyarakat lainnya.

Jenis jenis limbah yang dihasilkan oleh industri dan jenis yang dikeluarkan oleh badan lingkungan hidup Provinsi, Kabupaten untuk setiap perusahaan penghasil limbah yang ada juga tidak luput mereka bahas.

Hal penting lain mereka bahas dalam pertemuan di Aula Kantor Bupati Tapsel adalah mengenai dampak buruk/kerusakan yang diakibatkan oleh limbah yang ada terhadap lingkungan air, udara, tanah dan kehidupan masyarakat sekitar.

Legislator mengatakan, hasil kunjungan kerja mereka sebagai bahan pembahasan Pansus yang diketuai Yantoni Purba khusus lingkungan hidup dan izin usaha perusahaan yang ada Sumut termasuk Tapsel.