LANGKAT -Tiga Kecamatan di Kabupaten Langkat, terima bimbingan mengenai Pembinaan dan Pengendalian Pelaksanaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) semester I yang berlangsung di Kolam Pancing Desa Sei Limbat Kecamatan Selesai. Tiga Kecamatan yang dimaksud adalah Kecamatan Selesai, Kecamatan Binjai dan Kecamatan Sei Bingei. Sesuai dengan kebijakan yag ditentukan, ketiga Kecamatan tersebut merupakan daerah pengawasan Polresta Binjai, untuk itu, Ketiga Camat dan  34 Kepala Desa di tiga Kecamatan tersebut hadir bersama dengan sejumlah SKPD dijajaran Pemkab. Langkat serta unsur TNI/Polri.

Mewakili Bupati Langkat, Sekda Indra Salahudin mengatakan, kegiatan diselenggarakan adalah untuk mensukseskan penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Penyelenggaraan Desa dikatakan berhasil jika pelaksanaan DD dan ADD berjalan efektif dan efisien"ujar Indra, yang ditulis Selasa (11/10/2016).

L ebih lanjut dia menjelaskan, sesuai UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, Desa mendapatkan pengalokasian dana dari Pemerintah guna menunjang keberhasilan seluruh kegiatan desa, baik itu kegiatan pemeritahan Desa ataupun kegiatan kemasyarakatan.

"Ini tahun kedua pelaksanaan kebijakan pengalokasian DD dan ADD, dana yang dikucurkan pemerintah harus digunakan sebaik mungkin dan tepat sasaran sehingga tidak menyebabkan terjadinya pelanggaran hukum akibat lemahnya pemahaman mengenai pelaksanaan DD dan ADD" harapya.

Dalam acara tersebut, Kapolresta Binjai AKBP M Rendra Salipu hadir langsung untuk memberikan masukan dan bimbingan, Rendra menyampaikan apresiasinya atas partisipasi seluruh desa yang masuk dalam wilayah pengawasannya. "Ini gambaran baik menuju kemajuan Indonesia yang dimulai dari desa" ujar Rendra.

Rendra yang juga bertindak sebagai pembimbing pada kegiatan tersebut juga meotivasi seluruh Kades untuk melaksanakan program-program yang bermanfaat dan sesuai dengan ketentuan hukum, "Mudah-mudahan, proses pelaksanaannya berjalan lancar dan desa-desa yang ada diwilayah pengawasanya dapat semakin aju" harap Rendra.