MADINA - Sebanyak 13 desa yang ada di Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, akan menggelar pemilihan kepala desa serentak yang digelar awal 2017. Sekretaris Camat Panyabungan Timur, Akhiruddin Batubara, di Panyabungan, mengatakan, ke-13 desa tersebut saat ini sudah melakukan berbagai persiapan untuk menggelar pemilihan kepala desa.

Ke-13 desa tersebut yakni Desa Padang Laru, Tebing Tinggi, Parmompang, Hutarimbaru, Tanjung Jae, Tanjung Julu, Pagur, Rantonatas, Pardomuan, Hutabangun, Hutatinggi, Aek Nabara dan Banjar Lancat.

Ia mengatakan, meskipun saat ini pihaknya belum menerima jadwal resmi pelaksanaan Pilkades dari Bagian Tata Pemerintahan, namun di 13 desa tersebut sudah melakukan pembentukan panitia pemilihan. "Hingga saat ini tahapan di kecamatan sudah sampai pada pembentukan panitia pemilihan namun untuk tekhnis jadwal resminya masih menunggu dari bagian tata pemerintahan," katanya.

Ia mengatakan, pemilihan kepala desa tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena banyaknya peminat yang mendaftar menjadi calonkepada desa. "Pilkades kali ini akan berjalan lebih alot dikarenakan banyaknya peserta yang mendaftar pada tiap-tiap desa," katanya.

Agar pilkades nantinya benar-benar sukses dalam hal pemilih, kepada panitia pemilihan untuk lebih aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga persentase pemilih sesuai dengan yang diharapkan.

"Panitia pemilihan memang harus aktif sehingga benar-benar tersosialisasi kepada masyarakat," katanya.