PADANG - Audun Kvitland Rostad adalah seorang bule asal Norwegia yang menciptakan lagu Nasi Padang dan mengunggahnya ke youtube, diketahui menikmati lezarny Nasi Padang saat berkunjung ke Kota Padang. Karena nikmatnya ia selanjutnya mengungkapkan melalui lagu nasi Padang. Lagu Nasi Padang ciptaan Audun Kvitland Rostad sendiri itu kini sudah menjadi viral di dunia maya dan banyak ditonton lewat youtube.

“Sangat bagus dan terimakasih banyak. Sesuatu yang tidak disangka, tidak diduga dan tidak direncanakan, ternyata ada seorang manusia bule yang pernah menikmati makan nasi Padang, kemudian diungkapkan dalam bentuk nyanyian,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai menghadiri Ceramah Umum Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) M Hanif Dhakiri di Universitas Negeri Padang, Sabtu (8/10/2016) siang.

Irwan mengatakan, orang yang menikmati nasi Padang banyak, tapi yang diungkaokan dalam bentuk nyanyi dan dividio klipkan dalam youtube dan disebarluaskan agar dilihat banyak orang.

“Kreatifitas seperti ini bagus sekali. Ini suatu promosi gratis buat kita ibaratnya rezki yang datang kepada kita yang tak diduga. Oleh karena itu kita harus gelorakan gerakan kepada masyarakat supaya kita lebih hebat lagi,” ujarnya.

Irwan mengatakan, apresiasi dan rasa terimakasih kepada Kvitland telah disampaikan melalui duta besar Norwegia untuk Indonesia, Hestig Traavik oleh pemerintah pusat dan Menteri Pariwisata Arief Yahya sendiri.

“Kita berharap Kvitland dapat hadir dan turut mendukung kampanye wisata dan budaya Suamtra Barat dalam World Halal Tourisms Award 2016 yang diadakan pada 17 Oktober – 25 November 2016 mendatang,” tuturnya. Jika Kvitland berkenan hadir akan disajikan lebih banyak kuliner Minang.

Audun Kvitland Rostad mengunggah lagu berjudul ‘Nasi Padang’ dalam bahasa Inggris melalui akun Kvitland di situs youtube pada 4 Oktober 2016 dan mendapat sambutan hangat netizen di dunia maya.

“Hai nama saya Audun, saya berasal dari Norwegia. Musim panas lalu saya jalan-jalan ke Indonesia selama beberapa minggu. Seketika itu saya jatuh cinta. Jadi saya membuat lagu ini,” ucap Audun mengawali lagunya itu.

Pada 22 September 2016, dia kembali ke Norwegia, tapi Indonesia meninggalkan sebuah kesan baginya melalui Nasi Padang. Dalam lirik lagu tersebut bahkan dia mengaku siap menikahi jika Nasi Padang itu seorang perempuan.

“Rasanya belum lengkap kehidupan jika belum menikmati nasi Padang. Bila kau adalah manusia, aku akan menikahimu….” demikian salah satu penggalan lirik lagunya. ***