BINJAI - Pemkot Binjai memperbaiki Jalan Umar Baki yang sering dilintasi kendaraan berat dengan pola cor beton untuk mendapatkan kualitas terbaik.
Kepala Bidang Pengairan dan Jalan Dinas PU Binjai Ahmad Hariansyah Siregar di Binjai, Kamis, mengatakan, ruas jalan tersebut sering mengalami kerusakan karena dilintasi truk dengan tonase 20-30 ton, agar ruas jalan tersebut tidak mudah rusak lagi, pihaknya membuat kebijakan untuk memperbaikinya dengan menggunakan pola beton.

"Jalan tersebut kini sedang diperbaiki, kini sudah mencapai 20 persen," terangnya, Jumat (7/10/2016).

Menurut dia, pengerjaan dan perbaikan Jalan Umar Baki yang berada di Kelurahan Payaroba, Binjai Barat telah memasuki 40 hari kerja. Dimana proyek perbaikan jalan tersebut merupakan lanjutan dari pengerjaan peningkatan jalan dengan cor beton pada tahun anggaran 2015.

"Untuk tahun 2016 ini, jalan yang akan dicor beton sepanjang 700 meter dengan lebar mencapai 6 meter," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, perbaikan jalan tersebut menggunakan anggaran yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Binjai tahun 2016 sebesar Rp3,176 miliar. Sedangkan pengerjaannya, diperkirakan sudah rampung pada akhir Oktober.

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan anggaran, pihaknya melibatkan tim Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang merupakan bentukan dari Kejaksaan Negeri Binjai.

"Pengerjaan yang sedang berlangsung saat ini mendapat kawalan dari Tim TP4D Kejari Binjai. Tentunya, saya sangat setuju jika kerja kami diawasi oleh TP4D," katanya.