PADANG LAWAS - Duta wisata Kabupaten Padang Lawas (Palas) akan diseleksi dalam waktu dekat ini di Gedung Nasional Sibuhuhuan. Sekretaris Dispora Palas, Partaonan Rukun mengatakan, pihaknya sudah menyurati dan berkoordinasi dengan kecamatan dan sekolah-sekolah lanjutan atas terkait pendaftaran sebagai peserta duta wisata dengan melampirkan Petunjuk Teknis (Juknis) persyaratan yang harus dipenuhi setiap calon peserta.

Dalam juknis tersebut, kata Partaonan, peserta berusia minimal 16 tahun dan maksimal 30 tahun, belum pernah menikah, mahir berbahasa inggris, penampilan menarik, laki-laki memiliki tinggi minimal 170 cm, dan perempuan 165 cm.

“Beberapa minggu yang lalu kita sudah memberikan informasi seleksi duta wisata Kabupaten Palas itu, saat ini kita fokus terhadap penjadwalan tanggal pelaksanaannya. Diprediksikan akan diselenggarakan minggu depan,” terangnya kepada GoSumut, usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Palas, Rabu (5/10/2016).

Seperti biasanya, lanjut Partaonan, pihak kecamatan kemungkinan sudah melaksanakan seleksi duta wisata ditingkat kecamatan, dan merekalah diyakini akan mengikuti seleksi duta wisata Kabupaten Palas nantinya.

Nantinya seleksi duta wisata itu akan menghasilkan satu pasangan yang akan menjadi utusan Kabupaten Palas untuk mengikuti pemilihan duta wisata tingkat Propinsi Sumatera utara pada tanggal 27-29 oktober 2016 mendatang.

“sebelum mengikuti seleksi ditingkat Propinsi, duta wisata Kabupaten Palas itu akan mendapatkan pembinaan lebih lanjut dari pihak Dispora Palas, sehingga kita berharap mereka bisa terpilih kembali ditingkat Propinsi, dan menjadi utusan duta wisata Propinsi menuju tingkat Nasional,”ungkapnya.