MEDAN –Ketua PMI Sumut Rahmat Shah pada peringatan HUT PMI yang ke-71 di kantor PMI Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan kemarin, Minggu (2/10/2016) mengatakan, bahwa kegiatan PMI bukan donor darah saja, PMI juga  terlibat dalam membangun karakter anak-anak sejak usia dini untuk menjadi generasi yang memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi. Untuk itu, kegiatan peringatan HUT PMI tahun ini akan melibatkan anak-anak, baik yang tergabung dalam satuan Palang Merah Remaja (PMR) maupun anak-anak pada umumnya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.

"Tugas PMI bukan hanya donor darah saja, melainkan tugas kemanusiaan lainnya, seperti menolong korban bencana alam, korban kebakaran dan lainnya. UTD Medan siap mensuplai darah terbaik se Sumatera. Sekarang stok darah kita jarang di bawah 1000 kantong," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara T. Erry Nuradi mengharapkan PMI Sumut dapat mempertahankan prestasi dan menumbuhkembangkan kegiatan kemanusiaan yang sangat dibutuhkah oleh masyarakat Sumatera Utara.

‘’Jangan pernah letih dalam menumbuhkembangkan kegiatan kemanusiaan,’’ kata Erry.

PMI yang bergerak di bidang sosial, lanjut Erry keberadaannya diakui secara nasional dan internasional tentu sangat diharapkan kiprahnya dalam memberikan dukungan kepada masyarakat Sumut.

"Semua kegiatan yang memerlukan PMI, pasti PMI mengirimkan relawannya untuk membantu korban bencana alam dan sebagainya," tutur Erry.