SOLO - Ribuan muslimah di Kota Solo menggelar doa bersama dan konvoi jalan kaki di Jalan Slamet Riyadi, area car free day, Minggu (2/10). Acara tersebut sekaligus untuk memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1438 Hijriyah.

Hadir dalam acara tersebut, Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo dan ribuan muslimah yang mengenakan hijab, serta sejumlah komunitas hijaber Kota Solo.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan tersebut dikemas dalam 'Solo Muharram Festival'.Sebelum pawai dimulai, mereka terlebih dahulu memanjatkan doa bersama di depan Ndalem Wuryaningratan.

"Ada sekitar 1.400 peserta yang terdiri ibu-ibu muslimah se Solo yang mengikuti pawai hijab. Mereka berasal dari komunitas pengajian yang ada di Solo. Kita membagikan lebih dari 2.500 hijab kepada para pengunjung atau warga di CFD," ujar koordinator aksi, Rita Helmi.

Rita mengatakan, pembagian ribuan hijab tersebut dimaksudkan untuk berbagi kebahagiaan di tahun baru 1438 Hijriyah. Ia berharap di tahun baru Muharram 1438 ini warga akan berhijrah pada kehidupan yang lebih baik.

Pawai hijab dimulai dari depan Ndalem Wuryaningratan, Sriwedari dan finish di Koridor Ngarsopuro. Mereka membawa spanduk dan sejumlah poster yang bertuliskan selamat menyambut tahun baru Hijriyah dan sejumlah harapan di tahun yang baru.***