MEDAN - Ratusan buruh yang tergabung dalam KSPI Sumut, SPI, FSPMI Sumut, SP Berdikari, FPBI Sumut serta Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Cabang Medan dan LBH Medan, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro, Medan, Kamis (29/9/2016) siang.  Unjuk rasa buruh yang menuntut kehidupan yang lebih layak dan sejahtera bagi seluruh buruh di Indonesia ini, dilakukan serentak di 23 provinsi di Indonesia. 

"Unjuk rasa buruh ini dilakukan serentak di 23 provinsi di Indonesia. Kami menuntut agar pemerintah memperhatikan nasib buruh agar memiliki kehidupan yang lebih layak dan sejahtera," kata Willi Agus Utomo, perwakilan dari KSPI Sumut ketika berorasi.

Aksi unjuk rasa ratusan buruh tersebut, membuat arus lalu lintas diseputaran Jalan Diponegoro, Medan menjadi macet total dan terpaksa dialihkan kejalur alternatif lain.

Unjuk rasa tersebut mendapat pengawalan ketat oleh ratusan personel kepolisian yang berasal dari Polda Sumut dan Polrestabes Medan. Rencananya, usai berunjuk rasa didepan kantor Gubernur Sumut, para buruh akan melanjutkan aksi serupa ke gedung DPRD Sumut.