Home >  Berita >  Medan

Dokter Kandungan: Hindari Perilaku Seks bebas

Dokter Kandungan: Hindari Perilaku Seks bebas
Istimewa/Google.com
Kamis, 29 September 2016 21:38 WIB
Penulis: Fatih Al Rizki

MEDAN – Bagi kaum hawa yang ingin memiliki momongan pasca menikah nanti, diminta untuk menghindari perilaku seks bebas. Sebab, perilaku ini menjadi salah satu penyebab seorang wanita susah hamil.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr Khairani Sukatendel menjelaskan, seks bebas ini dapat menyebabkan infeksi pada punggung dan saluran tuba sehingga menyebabkan penyempitan. “Kalau saluran tuba meradang, mungkin disebabkan karena adanya penyumbatan yang pada gilirannya bisa menyebabkan infestilitas. Ini umumnya disebabkan infeksi penyakit menular terutama klamidia. Ini bisa saja terjadi karena perilaku seks bebas,” jelas Khairani, Kamis (29/9/2016).

Selain itu, kebiasaan merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, turut menyebabkan seorang wanita sulit mengandung. Begitu juga dengan obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan infertilitas pada wanita. “Faktor pikiran yang terlalu stres bisa memicu sorang wanita sulit hamil,” katanya.

Oleh karena itu, Khairani mengimbau agar masyarakat menghindari seks bebas. Sebab perilaku tersebut dinilai lebih banyak memberikan kerugian daripada manfaatnya. Pasalnya, perilaku tersebut menjadi salah satu penularan penyakit kelamin, termasuk HIV/AIDS. “Kebiasaan merokok seharusnya tidak dilakukan, jikalau ingin cepat hamil, dan kondisi anak lahir dalam keadaan sehat. Bagitu juga dengan pikiran. Jangan terlalu stres,” katanya.

Ads
Editor : Arif
Kategori : Medan, Gonews Group, Pendidikan, Umum
www www