JAKARTA - Girnar Software Private Limited, perusahaan iklan baris otomotif online terkemuka di Asia, melalui anak perusahaannya, CarBay Pte Ltd., secara resmi bekerjasama dengan PT Kreatif Media Karya (KMK Online), anak perusahaan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), salah satu perusahaan media dan konten terdepan di Indonesia. Melalui kerjasama ini, CarBay akan memiliki 70% saham patungan dan KMK Online akan memiliki 30%. Kedua perusahaan itu akan memusatkan perhatian pada upaya merombak industri iklan baris otomotif di Indonesia, yang terfragmentasi. Hal ini dilakukan dengan cara memberdayakan konsumen dan penyalur otomotif melalui sarana dan teknologi terkini.

Usaha bersama ini menghadirkan ''Oto.com'', portal otomotif, yang berperan sebagai perantara, yang menghubungkan konsumen dengan perusahaan otomotif dan penyalur, serta menyediakan fitur pencarian, yang memberikan informasi terpadu mengenai harga, spesifikasi, fitur, gambar, ulasan dan hasil uji jalan dari berbagai model kendaraan. Oto.com juga memberi keleluasaan bagi penggunanya untuk membandingkan model kendaraan, serta menyediakan informasi terkini tentang model mobil/motor, yang baru diluncurkan, penyesuaiaan harga, dan berbagai update dari industri otomotif.

Mohit Yadav, CEO Oto.com, menyampaikan optimismenya atas kerjasama ini saat peluncuran Oto.com pada hari ini (28/9). ''Kami sangat senang dengan kehadiran Emtek di sisi kami dalam perjalanan ini. Kehadiran Emtek akan mempertegas posisi kami dan memperluas basis pemirsa kami,'' tambah Mohit, ''Dengan keahlian teknologi kami dan jaringan luas Emtek, kami yakin bahwa Oto.com akan memimpin pasar portal otomotif di Indonesia.''

Pada kesempatan yang sama, Adi Sariaatmadja, Presiden Direktur KMK Online, mengatakan, ''Menyediakan platform intuitif demi melayani kebutuhan konsumen di Indonesia akan informasi otomotif sangat penting. Oto.com memberi keleluasaan kepada konsumen untuk menelusuri konten dalam jumlah besar tentang semua model kendaraan, yang ditawarkan di Indonesia, sehingga memungkinkan dan memudahkan mereka menemukan kendaraan tepat guna untuk memenuhi kebutuhan mereka. Alat pencarian kendaraan revolusioner ini adalah langkah besar menuju ekosistem iklan baris otomotif di Indonesia.''

Dalam uraiannya mengenai keputusan Girnar masuk ke Indonesia, Mohit menjelaskan, ''Indonesia adalah pasar sangat menarik untuk peluang bisnis. Produk domestik bruto (PDB), yang terus meningkat, mendorong pertumbuhan penghasilan, yang siap dibelanjakan, dari masyarakat kelas menengah Indonesia, yang terus berkembang. Hal tersebut mendorong aspirasi mereka untuk meningkatkan status dengan memiliki kendaraan pribadi. Lebih lanjut, peningkatan penetrasi Internet dan telepon selular di Indonesia membuat orang menyediakan lebih banyak waktu untuk berselancar di dunia maya. Hal ini turut mendorong kesempatan bagi setiap orang untuk dapat memenuhi kebutuhan akan kendaraan pribadi melalui pencarian di dunia maya. Kombinasi dari demografi aspiratif, indikator baik ekonomi, peningkatan penetrasi Internet dan posisi kunci Indonesia di Asia, membuat pasar Indonesia menjadi menarik dan penting untuk Girnar.''

Tentang Girnar Software

Girnar Software adalah salah satu perusahaan Internet konsumen terkemuka India. Girnar Software mengelola portal otomotif teratas di India --CarDekho.com, Gaadi.com, dan Zigwheels.com-- serta piranti digital lain, seperti, BikeDekho.com dan PriceDekho.com. Perusahaan itu adalah pelopor dalam memperkenalkan portal khusus, seperti, TyreDekho.com dan TrucksDekho.com. Girnar Soft berekspansi secara internasional pada 2015 melalui CarBay.com, portal otomotif di beberapa negara di Asia dan Timur Tengah. Saham Girnar Soft antara lain dimiliki Google Capital, Sequoia Capital, Hillhouse Capital, Tybourne, HDFC Bank, Times of India Group dan Mr. Ratan Tata. Kelompok usaha itu memiliki visi menjadi perusahaan multi-miliar dolar pada 2020 dengan jejak global melalui penyediaan produk dan layanan inovatif.

Tentang Emtek

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) Group adalah perusahaan media, konten dan bisnis teknologi terbesar di Indonesia. Emtek Group mengelola tiga saluran televisi nasional (SCTV, Indosiar dan O-Channel), televisi berbayar (Nexmedia), beberapa bisnis teknologi informasi, dan mendirikan media online cukup besar melalui anak perusahaannya, PT Kreatif Media Karya (KMK Online).

Dalam kaitannya dengan bisnis televisi, Emtek Group memiliki saham pengendali di beberapa usaha produksi konten, memprodusi film untuk bioskop dan televisi, serta drama seri dan animasi. KMK Online diarahkan untuk mendorong pertumbuhan Grup di industri online. Pada saat ini, KMK Online telah memiliki portal Liputan6.com, yang menempati peringkat 5 besar portal berita di Indonesia; Vidio.com, portal video online; Bintang.com, portal hiburan; Bola.com, portal olahraga; dan Karir.com, portal kerja lokal terkemuka di Indonesia. KMK Online juga menanamkan modal di beberapa perusahaan lain, termasuk Property Guru grup, portal properti online terkemuka di Asia Tenggara, dan Bukalapak.com, lapak berjualan online terkemuka di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.emtek.co.id. (rls)