MEDAN - Selesai menandatangani MoU antara pemerintah provinsi Sumatera Utara dengan San Mateo Colleges of Silicon Valley California United States di lantai 10 kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Selasa (27/9/2016), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengharapkan jumlah pelajar asal Sumatera Utara (Sumut) yang mendapat beasiswa belajar di Amerika Serikat (AS) setiap tahunnya bertambah. San Mateo College of Silicon Valley kedepannya dapat menaikkan jumlah penerima beasiswa, khususnya yang ada di Sumatera Utara. Pendatanganan kerjasama dibidang pendidikan ini bertujuan pemberian beasiswa bagi beberapa siswa-siswa yang ada di Sumatera Utara untuk melanjutkan pendidikan di San Mateo Colleges of Silicon Valley California.

Hadir pada acara penandatanganan MoU antara lain President The San Mateo Colleges Of Silicon Valley California Amerika Serikat Mr. DR Jing Luan beserta rombongan, Konsulat Amerika Mr Juha P. Salin, Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Prof Syaiful Sagala, mewakili Rektor USU Prof Subilhar, Plt Kadis Pendidikan Arsyad Lubis, Direktur Singapore Piaget Academy (SPA) Mina Angkasa, Jajaran SMAN I Medan dan jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Erry, perbedaan sistem pendidikan antara Indonesia-Amerika diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Pemberian beasiswa ini juga menurut Erry akan memberikan kesempatan bagi para siswa Sumatera Utara khususnya untuk mengembangkan bakat dan potensinya.

"Selain siswa, mungkin kami bisa mengirim staf pemprovsu ke USA untuk sekolah," sebut Erry.

Gubsu juga berharap kedepan adanya pertukaran pelajar antara San Mateo College of Silicon Valley dengan pelajar dari Provinsi Sumatera Utara.

"Rentang waktu dua bulan pertukaran pelajar, akan menambah pengalaman bagi para siswa dari masing-masing," kata Erry.

President The San Mateo Colleges Of Silicon Valley California Amerika Serikat DR Jing Luan mengatakan bahwa pihaknya kedepan akan memikirkan untuk menambah jumlah kuota calon mahasiswa yang mendapat beasiswa.

"Atas nama The San Mateo Colleges Of Silicon Valley California saya mengundang Bapak Gubsu untuk meluangkan waktu ke California bukan hanya untuk membicarakan hal-hal yang diperlukan tetapi juga untuk training bagi pemerintah provinsi Sumatera Utara," pungkas Juan.

Konsulat Jenderal Amerika di Medan Mr Juha P. Salin, menyampaikan bahwa pemerintah Amerika Serikat mendukung kerjasama yang telah disepakati. Dari pengalaman selama ini bahwa belum banyak pertukaran pelajar antara Indonesia dan USA dan juga penerima beasiswa bagi pelajar dari Indonesia dibandingkan negara di Asia lainnya.