Home >  Berita >  Umum

3 Desa Di Palas Jadi Desa Binaan

3 Desa Di Palas Jadi Desa Binaan
Ahmad Zarnawi Pasaribu C Ht
Selasa, 27 September 2016 21:04 WIB
Penulis: Sufriady Halomoan

PADANG LAWAS - Sebanyak tiga desa di Kabupaten Padang Lawas (Palas) dijadikan sebagai desa binaan untuk tahun anggaran 2016.

Kabid Pemberdayaan dan partisipasi Masyarakat, Sulaiman S mengatakan, ketiga desa binaan tersebut terdiri dari desa Harang Julu Kecamatan Sosa  sebagai desa Pemanfaatan Lahan Pekarangan hatinya PKK, dan desa Tandihat Kecamatan Barumun Tengah desa binaan usaha peningkatan pendapatan keluarga PKK (UP2KPKK).

“Selanjutnya desa Sihiuk kecamatan Lubuk Barumun sebagai desa binaan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan. Ketiga desa binaan tersebut saat ini dikunjungi Tim Monitoring Propinsi Sumatera Utara,” ungkapnya kepada GoSumut, Selasa (27/9/2016).

Sewaktu kunjungan kata Sulaiaman Tim Monitoring mengiimbau jajaran Tim PPK Kabupaten sampai ke Tim PPK di desa dan instansi terkait supaya bersama-sama meningkatkan kebersihan dan tanaman disekitar pekarangan desa masing-masing sehingga menjadi keluarga sehat dan sejahtera.

Ads
Wakil Bupati Palas,  Ahmad Zarnawi Pasaribu C Ht juga mengatakan, pembinaan desa percontohan merupakan salah satu upaya untuk pemberdayaan masyarakat secara kompetitif.

“Pelaksanaan desa binaan di Kabupaten Palas dimotori tim penggerak PKK mulai dari tingkat kabupaten sampai dengan desa dan kelurahan. Tetapi hal ini bukan semata – mata hanya menjadi tanggung jawab PKK namun juga pemerintah sebagai mitra dalam pembinaan pkk,” terangnya.

Untuk itu, Wakil Bupati Palas berharap kepada seluruh kepala SKPD baik di kabupaten maupun kecamatan sabagai dewan penyantun agar merasa memiliki tanggung jawab bersama untuk melakukan pembinaan terhadap 3 desa yang telah ditetapkan.

“Dengan memberikan dukungan dan bantuan hingga desa binaan TP PKK Palas tahun 2016 ini diharapkan nantinya sampai kepada tahap evaluasi dan bisa mendapat nominasi tingkat sumatera utara menjadi desa binaan terbaik,”terangnya.

Selain itu, Wakil Bupati Palas juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat desa khususnya tim penggerak PKK desa melalui peran sertanya untuk membangun desanya masing-masing, yang mana hal ini nantinya akan menjadi bahan dan masukan bagi kita semua untuk perbaikan bagi kemajuan gerakan PKK kabupaten Palas di tahun mendatang.

Editor : Arif
Kategori : Umum, Pemerintahan, Gonews Group, Padang Lawas
www www